Rugi Ratusan Juta Rupiah, Korban Kebakaran di Desa Tlogo Dibantu Pemkab

WONOSOBOZONE – Keluarga Suyitno (63), seorang pensiunan yang tinggal di Dusun Tiyasa, Desa Tlogo, Kecamatan Sukoharjo menderita kerugian materi hingga ratusan juta rupiah setelah rumah mereka terbakar, belum lama ini. Selain harta benda yang ludes akibat kebakaran hebat tersebut, berbagai surat penting milik keluarga juga lenyap menjadi abu. “Jelas kami sangat prihatin dengan musibah berat ini, tapi kami berusaha untuk tetap tegar dan bersyukur kareka ketika ditinggal, rumah dalam keadaan kosong sehingga tak sampai muncul korban jiwa,” tutur Ny Suyitno ketika ditemui di sela acara penyerahan bantuan oleh Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo kepada keluarganya. Ny Suyitno mengaku ia dan keluarganya sangat berterimakasih adanya perhatian dari pemerintah Kabupaten, serta tak menyangka yang datang ke kediamannya adalah Wakil Bupati Wonosobo. “Alhamdulillah dan terimakasih sekali pak Wakil Bupati bersedia hadir langsung dan menunjukkan simpati serta memotivasi kami agar tetap sabar dan ikhlas menerima ini sebagai bentuk cobaan dari Yang Maha Kuasa,” ucapnya.
Bantuan berupa uang tunai tersebut, menurut Wabup memang menjadi bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab terhadap musibah yang tengah dialami warganya. “Nilainya tidak seberapa, tapi kami berupaya untuk hadir di tengah warga yang memang tengah kesusahan karena musibah, dan semoga dengan adanya sedikit bantuan ini akan meringankan beban keluarga Pak Suyitno,” ungkap Wabup. Selain memberikan bantuan, dalam kesempatan tersebut Agus juga menyampaikan imbauan kepada warga Tlogo dan sekitarnya agar mewaspadai potensi kebakaran yang mengintai, karena musim kemarau mulai menampakkan tanda-tandanya. “Selalu awasi potensi-potensi kebakaran, seperti listrik maupun kompor atau sumber api lainnya,” imbau Wabup. Selain itu, kepada jajaran Kecamatan maupun Muspika, Agus juga meminta agar respon terhadap laporan terjadinya musibah cepat, sehingga upaya penanganan pun bisa dilakukan segera.
Imbauan camat tersebut ditanggapi positif Camat Sukoharjo, Mulyono. Jajaran kecamatan Sukoharjo beserta Polsek dan Posmil diakui Mulyono sampai saat ini memang berupaya sigap terhadap kejadian-kejadian bencana. “Seperti kebakaran yang menimpa rumah Bapak Suyitno ini, yang terjadi pada dinihari, juga langsung kami respon dengan mendatangi lokasi bersama unsur Muspika, sehingga secepatnya diupayakan penanggulangan bersama warga,” tutur Mulyono. Kebakaran di rumah Suyitno dijelaskan Mulyono terjadi diduga karena korsleting listrik, saat rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal penghuninya ke Jogja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here