Ribuan Santri Dominasi Pemilih Pendatang di Kabupaten Magelang

MAGELANG – Sebanyak 2.655 orang pemilih yang sebagian besar mereka adalah para santri yang sedang belajar di pondok pesantren di wilayah ini. Ribuan santri tercatat masuk ke Pemilu 2019 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang Afiffudin mengatakan, para pemilih yang masuk tersebut terdiri dari pemilih laki-laki 1.369 orang dan perempuan 1.286 orang. Adapun total jumlah DPTHP-2 di Kabupaten Magelang ada 988.879 orang pemilih.

“Dari total pemilih masuk tersebut, ada 556 pemilih berdomisili di Kecamatan Tegalrejo dan 482 ada di Kecamatan Sawangan. Mayoritas santri dan mahasiswa,” jelas Afif, Minggu (14/4/2019).

Kemudian untuk pemilih yang keluar sebanyak 4.032 orang, terdiri dari perempuan 2.054 orang dan laki-laki 1.978 orang. Para pemilih keluar beralasan merantau, bekerja dan sekolah.

Secara terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang M Habib Sholeh mengatakan, potensi besar pemilih yang memanfaatkan formulir A5 untuk pencoblosan antara lain santri, mahasiswa dan warga pindahan.

“Kami telah meminta data A5 by name ke KPU. Jadi sebelum pemilu dimulai, pengawas tingkat kecamatan dan TPS sudah pegang data dan memetakannya. Kalau biasanya pegang data hari H,” jelas Habib.

Dengan demikian, pada saat pencoblosan dan perhitungan suara tanggal 17 April 2019, potensi kesalahan bisa diminimalisasi.

Artikel dikutip dari kompas.com Penulis: Ika Fitriana
Editor: Farid Assifa
https://regional.kompas.com/read/2019/04/14/11224341/santri-dominasi-pemilih-pendatang-di-magelang

BACA JUGA:  Bazda Wonosobo Tasyakuran Zakat Konsumtif OPD Senilai Setengah Milyar Lebih
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.