Ribuan bibit Kopi untuk Desa Slukatan


WONOSOBOZONE – Dengan tema “Satu Bibit Untuk Perubahan” Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Merdi Makmur Desa Slukatan Dusun Silandak mengadakan kegiatan bakti sosial lingkungan berupa penanaman bibit kopi bersama dengan BEM Fakultas Ekonomi UNSIQ. Sebanyak 5000 bibit tanaman kopi ditanam, pada senin (13/2) di Lereng Gunung Bismo petak tiga, setelah sebelumnya diadakan doa dan potong tumpeng bersama masyarakat sekitar dan Fatayat Muslimat Ranting Dusun Silandak agar acara berjalan lancar.

Selain swadaya dari kelompok LMDH sendiri, Ketua LMDH Merdi Makmur Subekhi mengatakan, bahwa bibit kopi juga diperoleh dari bantuan Dinas Pertanian Wonosobo sebanyak 2000 bibit.

“Nantinya akan kami kelola dengan sistem bagi hasil bersama Dinas Pertanian”, imbuh Subekhi, Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSIQ.

Mahasiswa semester akhir itu juga menambahkan, event tersebut sekaligus menjadi pembelajaran bagi para Mahasiswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Suyadi selaku Kepala Desa Slukatan sangat mendukung dengan adanya kegiatan tersebut.

“Semoga penanaman ini bisa membangkitkan semangat warga untuk menanam kopi kembali, karena dulu kopi slukatan juga pernah berjaya”, terang Suyadi.

Senada dengan Kades, Wakil Gubernur BEM Fakultas Ekonomi UNSIQ Wiji Yuwono juga mengapresiasi acara tanam bibit kopi tersebut, karena menurut nya dapat mendukung perkembangan Desa serta memajukan sektor wisata di Slukatan berupa Curug Nganten, Jembatan Gantung dan juga Gunung Bisma.

Turut hadir beberapa Instansi, seperti Koramil Mojotengah, Polsek Mojotengah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wonosobo, Muspika Kecamatan Mojotengah, Dinas Pertanian dan Perhutani serta Para Dosen dan Karyawan Fakultas Ekonomi UNSIQ juga ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Selain itu beberapa Lintas Komunitas juga ikut berpartisipasi, diantaranya Wonosobo Heritage, Mountain Explorer (Molor), Mapala UNSIQ dan Komunitas Pendaki Gunung (KPG) Purwomateng. Di akhir acara, para Lintas Komunitas itu bersama – sama membersihkan area Gunung Bismo Petak Tiga yang juga merupakan lahan milik Perhutani.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan seni tari yang dimainkan oleh Anak-anak Sekolah Dasar Slukatan sebelum berangkat menuju lokasi penanaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here