Resmi Dilepas Pemkab, 783 Calon Haji Jalani Manasik Terakhir Di Mendolo

WONOSOBOZONE – Pemerintah Kabupaten Wonosobo secara resmi melepas sebanyak 783 orang calon jamaah haji yang direncanakan akan berangkat dalam 4 kelompok terbang mulai Tanggal 25 Juli mendatang. Mewakili Bupati dan Wakil Bupati, Asisten Administrasi Setda Samsul Maarif menyampaikan doa dan harapan kepada seluruh calon haji asal Kabupaten Wonosobo, yang hadir dalam acara manasik terakhir pada Rabu (11/7) di Gedung IPHI Mendolo. “Atas nama Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo, saya menyampaikan ucapan selamat jalan, semoga bapak Ibu calon Haji Wonosobo yang akan berangkat dalam 4 kelompok terbang ini diberikan kemudahan, kelancaran, kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan seluruh rangkaian ibadah, baik wajib maupun sunnah selama di tanah suci, hingga nantinya diberikan keselamatan ketika kembali ke tanah air membawa predikat Haji Mabrur,” kata Samsul.

Harapan tersebut selaras dengan keinginan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, Muhamad Thobiq yang secara tegas meminta semua calon haji untuk menyiapkan fisik dan mental secara optimal. “Kesiapan fisik dan mental sangat penting, mengingat apa yang harus dihadapi para jamaah haji selama berada di Makkah maupun Madinah untuk menjalankan seluruh rangkaian ibadah memang membutuhkan kekuatan dan kesehatan prima,” tutur Thobiq. Selain itu, ia juga meminta agar setiap calon jamaah haji untuk menjaga kerukunan, kekompakan dan mengedepankan semangat saling membantu kepada sesama jamaah. Sebagaimana jumlah yang berangkat yaitu 783 orang, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo disebut Thobiq berharap, jumlah jamaah pulang pun tidak berkurang dari itu.

Tak hanya jajaran Pemkab Wonosobo, harapan untuk keselamatan para calon jamaah haji juga disampaikan Komandan Kodim 0707 Wonosobo, Letkol CZI Fauzan Fadli. Dandim yang turut hadir di Gedung IPHI Mendolo mengaku secara khusus berdoa bagi seluruh calon jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo yang rencananya akan diberangkatkan dalam empat kloter embarkasi Adisumarmo Boyolali. Di antara 783 calon jamaah haji, diakui Dandim ada salah satu yang merupakan anggota Kodim 0707 Wonosobo, yaitu Ketua Poliklinik Kartika, Sersan Mayor Sugiri. “Namun tidak semata-mata satu anggota saja yang kami doakan, melainkan seluruh calon haji yang berangkat pada musim haji ini juga kami doakan agar diberikan keselamatan, kelancaran serta kemudahan dalam menjalankan semua rangkaian ibadah selama menjadi tamu Alloh,” tandasnya.

BACA JUGA:  Ribuan Benih Ikan Ditebar Di 3 Aliran Sungai

Secara rinci, Kepala Seksi Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Wonosobo, Totok Jumantoro menyebut sebenarnya total jumlah calon haji adalah 784. “Satu calon haji atas nama Kliwon Suripto asal Kertek meninggal dunia sebelum berangkat, sehingga yang diberangkatkan adalah 783 orang,” terang Totok. Dari jumlah tersebut, Totok menjelaskan ada 52 calhaj yang berangkat pada Tanggal 25 Juli sore hari bersama Kloter 31, kemudian disusul 355 orang berangkat pada Tanggal 26 dinihari jam 01.00 di kloter 32, serta 355 lagi berangkat pada 26 dinihari pukul 03.00 WIB. “Satu kelompok lagi sisanya berangkat pada tangal 26 siang hari, sekitar pukul 13.00 WIB,” tambahnya.Seluruh jamaah, menurut Totok bakal didampingi tak kurang dari 20 petugas, baik dari TPHD, TPHI, maupun TKHD dan TKHI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here