Reposisi PMI Agar Tak Sekedar Urus Darah Dan Ampul, Bupati Dorong Pendirian Rumah Sakit

Dandim serahkan Hasil BD PMI 2015 kepada Bupati
WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, HA Kholiq Arif meminta PMI bergerak maju dan bersedia mereposisi fungsi agar tak lagi sekedar mengurus kebutuhan darah masyarakat. “Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan kesehatan, saya harap PMI bisa merealisasikan rencana pembangunan Rumah Sakit (RS)”, ungkap Kholiq sebelum menutup secara resmi menutup Bulan Dana PMI 2015, di Ruang Mangunkusumo Setda, Jumat (10/7).
Untuk mendukung rencana besar tersebut, Bupati mengaku telah menyiapkan lahan dan upaya pemenuhan sarana beserta prasarana pendukung. “Belum lama ini saya telah bertemu pihak PMI pusat, yang menegaskan kesanggupannya untuk membantu peralatan yang dibutuhkan, sepanjang Rumah Sakit PMI benar-benar bisa berdiri”, kata Kholiq. Komitmen dari PMI pusat tersebut, menurut Kholiq akan melengkapi modal lahan yang telah tersedia. “4000 meter persegi lahan di Andongsili, yang rencananya juga akan digunakan sebagai kantor BNK, BPBD dan Pramuka, nanti bisa kita upayakan agar menjadi tempat berdirinya RS PMI”, jelas Bupati lebih lanjut.
Menurut Bupati, kebutuhan pendirian RS PMI, selain sebagai upaya mereposisi fungsi organisasi, juga untuk memenuhi kebutuhan mendesak pelayanan kesehatan masyarakat. “Kita sangat kewalahan memenuhi kebutuhan Haemodialisa (cuci darah), yang kini jumlahnya meningkat pesat”, imbuh Kholiq. Dengan adanya RS PMI, kebutuhan tersebut diyakini Bupati akan bisa terpenuhi.
Merespon harapan Bupati tersebut, Ketua PMI Wonosobo, Drs Muhson MM mengaku sangat siap. “Modal awal berupa lahan, serta tambahan anggaran sebesar 300 Juta Rupiah dari Pemkab telah kami wujudkan dalam bentuk pembangunan Poli dan pembelian beberapa alat pendukung”, jelas Muhson. Dalam waktu 3 bulan kedepan, Muhson bahkan mengaku telah merencanakan untuk peletakan batu pertama RS PMI Wonosobo.
Sementara, dari laporan Ketua Bulan Dana PMI 2015, diketahui bahwa dana masyarakat selama 3 bulan terakhir berhasil melampaui target yang ditetapkan. “Berdasar SK Bupati Wonosobo, target BD PMI adalah 900 Juta Rupiah, dan terealisasi sebesar 975,9 Juta Rupiah”, ungkap Ketua BD PMI 2015 yang juga Dandim 0707 Wonosobo, Letkol Inf Agus Muchlis Latif. Diharapkan, dengan terkumpulnya dana di atas target tersebut, gerak operasional kemanusiaan PMI Wonosobo akan semakin leluasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here