Renyahnya Makan Gorengan “Tempe Kemul” Khas Wonosobo

WONOSOBOZONE – Gan, sebagai orang Indonesia yang baik dan benar  pasti ente pada tau tempe kan? Tempe adalah makanan khas Indonesia yang menjadi legend. Jadi kalo di inggrisin jadinya “The Legend of Tempe” Keren gak gan? 
Ceritanya, trit ini mau bahas tentang salah satu makanan hasil olahan tempe yang asli dari Wonosobo. Namanya “Tempe Kemul” gan. Nama kemul itu berarti selimut. Jadi maksud dari namanya adalah tempe yang diselimuti tepung gitu gan.
Ente mau tau gak gan, kenapa dikasih nama tempe kemul? Soalnya di Wonosobo itu dingin banget, orang-orangnya suka selimutan sambil bakaran kayu biar anget. Coba, kalo tempe kemul itu berasal dari Arab, pasti namanya jadi tempe hijab gan 
Wonosobo itu kota yang dikelilingi gunung-gunung, jadi kagak salah kalo Wonosobo itu dingin..
Orang Wonosobo itu gemar makan gan, apa-apa dimakan. Ayam goreng, ayam kuah, ayam penyek, ayam tepung, sampai tulang ayam aja dimakan gan 
Mungkin, karena udara yang dingin itu membuat nafsu makan orang Wonosobo itu tinggi kali ya gan? . Ada salah satu gorengan yang menjadi menu “tea time” alias ngunjuk teh bareng keluarga. Yup, Tempe Kemul ~
Kalo ente ke Wonosobo, jangan heran gan kalo ada emak-emak ngegosip cemilannya tempe temul. Acara pengajian, makanannya dicampur tempe kemul, Lagi pacaran juga makananya tempe kemul. 
Tempe kemul sudah menjadi makanan khas terfavorit yang belum ada saingannya di Wonosobo. Gorengan ini berbeda dari mendoan dan gorengan dari kota lain. Memang sama, tapi tak serupa.
Tempe kemul khas Wonosobo cenderung berwarna kuning karena diberi kunir (sejenis rempah2an) di adonannya. Di dalam adonan, ada kucai yang membuat tempe kemul berbau wangi. Nah, kucai ini yang jarang ditemui di kota-kota besar gan..
Sekarang udah tau manfaat makan tempe kemul kan gan? Tetapi karena tempe kemul diolah dengan cara digoreng, agan jangan makan terlalu banyak, karena bisa membuat kolestrol tinggi. Tapi jika agan adalah penggila berat tempe kemul, agan harus banyak-banyak minum air putih untuk melarutkan minyak yang ada di tubuh.
Ibu ane sering membuat tempe kemul gan. Jadi ane tau tau dikitlah gimana cara mbuatnya. So, bagi agan yang hobi masak bisa dipraktekin di dapur ente gan. 
Cekidddot….




Bahan :
• Tempe kedelai
• Tepung terigu 250 gr
• Tepung basah/ tepung pati 250 gr
• Kunir secukupnya
• Garam sesuai selera
• Bawang putih ±8 siung dan kucai
• Tumbar secukupnya
• Minyak goreng
Cara :
1. Haluskan kunir, garam, bawang putih,dan tumbar sampai halus.
2. Setelah halus, bumbu tersebut dimasukkan di wadah.
3. Masukkan terigu, tepung basah, kedalam wadah yang ada bumbunya tadi ya. Jangan lupa potongan kucai. Biar ada ijo2nya gan 
4. Beri air secukupnya, usahakan jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental.
5. Aduk adonan tersebut hingga nyampur semua.
6. Sekarang masukkan tempe yang sudah dipotong-potong ke dalam adonan tadi.
7. Gorenglah dengan cara menyebarkan tepung(adonan) di sekitar tempe kedelai.
8. Goreng sampai matang. Cirinya kalo udah matang itu tepungnya renyah gan. Kalo ente suka yang mendoan, ya gorengnya setengah mateng gitu gan. Oke, kalo udah jadi siapkan dengan teh anget dan jika ente suka pedes, bisa dikasih hiasan cabe rawit atau sambel gan 

Gimana gan? Mancap kagak gan? Tapi yang patut disayangkan adalah tidak semua kota punya Tepung basah/tepung pati dan kucainya. Jadi kalo agan-agan mau makan tempe kemul yang enak, saran ane cuma satu gan.


“Datanglah ke Wonosobo” 

Oke gan, sekian dan terimakasih.. Semoga banyak manfaat yang ente tau tentang tempe kemul. (Source: Kaskus )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here