Relawan Penaggulangan Bencana "Garuda Tangguh" Dikukuhkan

WONOSOBOZONE – Sebanyak 74 orang relawan dari 74 organisasi masyarakat, swasta, pemerintah, TNI dan Polri yang tergabung dalam Relawan Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Wonosobo “Garuda Tangguh” dikukuhkan oleh Bupati Wonosobo, Selasa sore (21/06) bertempat di Pendopo Bupati Wonosobo.
Pada kesempatan itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Wonosobo, Prayitno, S.Sos, M.Si, menyampaikan bahwa pengukuhan relawan ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan Relawan dan SAR yang dilaksakan pada bulan Mei di Tempat Pengungsian Akhir (TPA) Muntilan Kabupaten Magelang. Relawan Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Wonosobo yang diberi nama “Garuda Tangguh” ini juga merupakan wadah dari para relawan di Kabupaten Wonosobo agar lebih terkoordinir dan lebih professional dalam penanggulangan bencana.
Sementara Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE, MM, usai mengukuhkan Relawan Penanggulangan Bencana “Garuda Tangguh” menyampaikan apresiasi positif atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Semoga dengan dikukuhkannya relawan ini bisa menjadi semangat bagi para relawan dalam melaksanakan kegiatan kegiatan soal kebencanaan, mulai dari pra bencana, tanggap darurat sampai pasca bencana. Apalagi wilayah Wonosobo memiliki kondisi geografis yang rawan bencana, seperti tanah bergerak, puting beliung dan gas beracun. Oleh karena itu diharapkan dengan dikukuhkannya Relawan Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Wonosobo “Garuda Tangguh” ini bisa memunculkan relawan relawan yang mampu  gerak tepat, cepat, tanggap dengan apa dilakukan dalam upaya penanggulangan bencana secara terkoordinir dan didasari pengetahuan tentang kebencanaan.
Slamet Wibowo dari BPBD Provinsi Jawa Tengah yang ikut hadir dalam pengukuhan tersebut juga menyampaikan apresiasi kepada BPBD Kabupaten Wonosobo, meski tergolong baru dalam usia tetapi sudah bisa membentuk relawan penanggulangan bencana. Karena kebencanaan tidak bisa ditangani oleh pemerintah saja, semua elemen harus ikut bergerak. Dan menjadi seorang relawan harus bekerja tanpa pamrih, semua demi kemanusiaan.
Usai melaksanakan pengukuhan dan pemberian ucapan selamat dari Bupati dan para tamu undangan, para relawan juga melaksanakan buka bersama Bupati Wonosobo dan para tamu undangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here