• Senin, 15 Agustus 2022

Berceritalah Untuk Anak-anak

- Kamis, 19 Mei 2022 | 23:21 WIB
45-kata-kata-keluarga-sederhana-yang-me-bd048e
45-kata-kata-keluarga-sederhana-yang-me-bd048e

Oleh : H.Wajihudin Al-Hafeez, MSPA

Didalam Al-Quran terdapat kisah para Nabi yang diungkapkan oleh Allah dengan gaya prosa-liris dan puisi sehingga setiap orang yang membacanya merasakan keindahan yang sangat luar biasa. Dengan berkisah, Allah memberi kesempatan kepada setiap orang yang beriman dapat berdialong dengan Allah melalui bacaan, renungan, pemaknaan dan pengamalannya. Demikian halnya kitab suci lain, tentu ada kisah yang bisa diceritakan kepada anak baik secara lisan, tulisan maupun gambar.

Al Quran adalah firman Allah yang diturunkan kepada manusia sebagai petunjuk. Maka, seharusnya anak-anak memperoleh bagian firman Allah dalam setiap tahapan pendidikannya. Bahkan, seberapapun usianya, setiap orang dapat memperoleh hikmat atas firman-firmanNya. Kita dapat menanamkan cinta akan firman Allah kepada anak. Salah satu caranya adalah memperdengarkan kisah-kisah yang ada dalam Al Qur’an kepada mereka.

Bilamana kita sudah memilih dan membeli buku-buku kisah yang bersumber dari al Qur’an atau kitabiyah, dekatkanlah buku tersebut pada mereka—misalnya diletakkan di rak buku/kamar tidur mereka---- agar mereka bisa membukanya setiap saat. Bagi anak-anak prasekolah, bacakanlah buku kisah kitabiyah bergambar seperti misalnya kisah nabi Nuh, Ibrahim, Musa dan para Rasul lainnya--yang telah disederhanakan penceritaan dan penulisannya.

Seiring dengan bertambahnya usia, beri kesempatan anak membacakannya untuk Anda. Sesekali, bacakan pula versi yang lebih panjang untuk mereka. Sediakan alat-alat menggambar, dan doronglah anak mengilustrasikan apa yang sudah dibaca.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

X