Razia Gabungan, Cari Pelajar Bolos Sekolah

WONOSOBOZONE – Sudah menjadi tugas Pemerintah untuk menjaga kondisi tetap aman dan kondusif. Oleh karena itu untuk mengurangi perilaku menyimpang dari para pealajar, baik itu kedisiplinan, efek negatif dari penggunaan teknologi, penggunaan narkoba dan pelecehan seksual, perlu adanya sok terapi. Demikian disampaikan Kasi Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kantor Kesbangpol Kabupaten Wonosobo, Eko Riyanto SA, S.Sos, saat memimpin operasi pelajar, Rabu, 30/03/16.
Tim gabungan yang berjumlah 20 orang, terdiri dari Kesbangpol, Polres, Kodim, Satpol PP, Disdikbudpora, BPMPPT, Kemenag, Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, TP PKK Wonosobo dibagi dalam 2 tim. Tim mulai bergerak pada pukul 09.30 WIB. Tim I menyusuri area perkotaan seperti alun alun, taman prajuritan, permainan ding dong di pertokoan bawah Rita, Pusat perbelanjaan Rita, warnet, seputar kota Wonosobo. Tim II menyusuri pinggiran kota seperti warnet, Taman Makam Pahlawan, GOR Wonolelo, Taman Fatmawati.
Dan dari hasil penyusuran tersebut, petugas menemukan beberapa pelajar di alun alun dan seputar kota pada jam sekolah. Setelah diperiksa kartu identitasnya dan dikonfirmasi, ternyata mereka sudah pulang sekolah, karena habis melaksanakan Tryout. Selain yang sudah pulang, petugas juga menemukan beberapa pelajar di luar sekolah tanpa membawa surat ijin, setelah dikonfirmasi dengan pihak sekolah ternyata mereka keluar untuk mem foto copy tugas dari sekolah. Di warnet dan game center petugas juga menemukan anak usia SD yang sedang bermain game, setelah di konfirmasi ternyata mereka sudah pulang sekolah.
Eko Riyanto, saat memimpin operasi tersebut juga menyampaikan bahwa pada operasi kali ini petugas tidak menemukan pelajar yang membolos sekolah. Semoga ini menjadi hal yang baik untuk kedepannya, dimana para pelajar sudah menyadari untuk tidak membolos sekolah lagi, bukan hanya sekedar sedang melaksanakan Tryout jadi pelajar tidak membolos. Selain itu, ini juga merupakan hal positif dari bimbingan di sekolah yang mengajarkan anak untuk tetap disiplin dalam bersekolah.
Eko juga menghimbau kepada pihak sekolah, agar para siswa selalu membawa surat ijin bila keluar dari sekolah, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara petugas operasi dengan pelajar di lapangan. Dan kepada para petugas penjaga warnet untuk selalu mengawasi anak kecil saat di warnet, agar mereka tidak membuka situs situs yang tidak baik bagi anak seusianya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here