Rayakan HUT RI Ke-71, Sukoharjo Gelar Beragam Pentas Seni dan Hiburan

WONOSOBOZONE – Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 diperingati dengan sangat meriah oleh warga Desa Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo. Beragam acara digelar, mulai dari acara bernuansa kepedulian terhadap lingkungan hidup, pencegahan dampak negatif Narkoba, bazar hasil olahan pangan khas, hingga sosialisasi untuk  mewujudkan Sukoharjo yang aman dan tertib. Warga juga diberikan kesempatan untuk menikmati aneka hiburan yang disajikan di lapangan desa setempat. Kepala Desa  Sukoharjo, Samain saat ditemui di sela pentas seni pelajar di lapangan desa setempat Senin (29/8) mengatakan, semua acara yang digelar dalam rangka HUT RI ke-71 dilandasi oleh 3 prinsip yang dipegangnya selama memimpin, yaitu menciptakan warga yang guyup rukun, memajukan pembangunan desa, dan menghibur warga dengan hiburan berkualitas.
“Kami tidak ingin momentum peringatan HUT Kemerdekaan berlalu tanpa kesan, tapi juga tak melulu dirayakan dengan hiburan semata, sehingga kemudian hasil dari rembugan warga memunculkan rangkaian kegiatan yang berisi motivasi, edukasi, kompetisi serta wahana peduli lingkungan,” urai Samain. Menurutnya, aneka kegiatan tersebut juga tak berjalan sendiri. Pihak desa, dikatakan Samain hanya berupaya untuk mengusulkan inisiatif dan kemudian menggandeng berbagai pihak dalam hal pendanaannya. “Kalau menggunakan dana dari desa saja jelas tidak akan cukup, sehingga kemudian kami juga mengundang para pengusaha yang menanamkan investasinya di Sukoharjo untuk turut berpartisipasi,” lanjutnya. Tak hanya di lingkup pengusaha swasta, untuk kelancaran dan dukungan program acara, Samain mengakui pihaknya juga menghubungi Polsek dan Polres Wonosobo, sehingga kemudian ada pula acara menanam bersama Polwan di tepi serayu, penyuluhan bahaya narkoba, serta sosialisasi Kamtibmas di sela agenda hiburan.
Bagi para pemuda desa, Kades ramah dan murah senyum itu juga menuturkan bahwa ia dan jajaran perangkat memercayakan agenda bersifat olahraga komptetitif, seperti pertandingan catur, bola volley, dan bulutangkis di Gedung Olah Raga desa. Di puncak acara yang bakal dihelat pada Rabu  (30/8), panitia HUT RI Desa Sukoharjo juga bakal menyelenggarakan jalan sehat dan lomba panjat pinang dengan beragam hadiah menarik yang ditawarkan. Setidaknya, terdapat 22 batang panjat pinang yang disiapkan untuk memeriahkan puncak acara tersebut, termasuk 4 di antaranya yang khusus untuk kategori anak-anak. “Kemungkinan yang bakal dipakai adalah 17 batang, namun memang warga menyiapkan 22 batang karena apabila memungkinkan tentu akan sangat meriah,” pungkas Samain.
Melihat antusiasme warga dan kreatifitas dari para pemuda dalam menyambut HUT RI ke-71 tersebut, Camat Sukoharjo, Mulyono mengaku sangat bersyukur. “Jelas ini menjadi indikator yang baik, karena adanya inisiatif untuk menggelar beragam kegiatan positif merupakan salah satu wujud bahwa desa memiliki motivasi untuk maju,” tutur Mulyono. Pihak Kecamatan, diakui Mulyono berupaya mendukung secara maksimal demi terselenggaranya acara selama 2 hari tesebut. “Apresiasi luar biasa juga layak kami sampaikan kepada jajaran Polres Wonosobo, karena turut mendukung upaya pencegahan abrasi sungai serayu dengan penanaman 100 pohon bersama para kader TP PKK Desa,” pungkas Mulyono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here