Raih Top BUMD Award 2016, Bupati Dorong Bank Wonosobo Fokus Ke Sektor UKM

WONOSOBOZONE – PT BPR Bank Wonosobo menorehkan prestasi membanggakan di level Nasional. Salah satu BUMD milik Pemkab Wonosobo tersebut berhasil meraih penghargaan sebagai BPR terbaik yang dinilai memiliki kontribusi dalam pembangunan ekonomi, baik di lingkup daerah maupun Nasional. Penghargaan dari APKASI tersebut juga diberikan kepada Bupati Wonosobo, yang dinilai mampu berperan sebagai Pembina BUMD terbaik. Penghargaan berupa  TOP BUMD Award 2016 telah diberikan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), di Jakarta akhir pekan lalu, jelas Direktur Utama Bank Wonosobo, Tri Hidayat di ruang kerja Bupati, Senin (9/5).
Keberhasilan Bawon meraih predikat sebagai BUMD dengan kinerja cemerlang, menurut Tri tak lepas dari dukungan pemerintah daerah selama ini. Pemerintah daerah, dikatakan Tri senantiasa mendorong Bank Wonosobo untuk berfokus pada pengembangan perekonomian daerah melalui dukungan penuh kepada sektor UMKM. 60 % lebih kredit yang tersalur tahun 2015 lalu kami alokasikan untuk para pelaku UMKM, ungkap Tri. Bunga yang ditawarkan oleh Bank Wonosobo untuk kredit bagi sektor UKM, menurut Tri juga sangat rendah demi menghindarkan mereka dari praktik rentenir yang berpotensi mematikan usaha.
Kredit yang tersalur Tahun 2015 mencapai lebih dari 180 Milyar Rupiah, dan sekitar 110 Milyar Rupiah lebih tersalur untuk pelaku UKM, tuturnya. Seiring pertumbuhan kredit, aset perusahaan, disebutkan Tri Hidayat juga mengalami peningkatan sangat pesat. Akhir 2015 lalu, aset PT BPR Bank Wonosobo sebesar 208 Milyar Rupiah dan pada akhir April lalu, aset kami sudah mencapai 240 Milyar, terang Tri.
Dengan pertumbuhan aset di angka 30 % per tahun selama 4 tahun terakhir, Tri mengaku kinerja perusahaannya sudah berada di atas rata-rata BPR di Indonesia.
Kinclongnya kinerja Bank Wonosobo diakui Sekda, Eko Sutrisno Wibowo. Penilaian dari APKASI yang menganugerahkan TOP BUMD Award 2016 menurut Eko sudah selayaknya diterima karena selama ini Bawon memang menunjukkan kinerja yang menggembirakan.
TOP BUMD Award, yang sekaligus diberikan kepada Bupati merupakan bentuk apresiasi APKASI terhadap Bank Wonosobo, yang dinilai mampu menjaga kinerja positif di bidang keuangan, SDM, pemasaran, sampai kepada strategi dan Manajemen Kerja, urai Sekda. Pemkab, menurut Eko juga senantiasa memberikan dukungan terhadap kiprah BUMD, karena melalui mereka pula, perekonomian daerah bisa berkembang.
Bank Wonosobo termasuk yang secara rutin per tahun mampu memberikan deviden cukup besar, yaitu sampai mencapai 3 Milyar Rupiah lebih di 2015 lalu, jelas Sekda.
Tanggapan positif atas diraihnya TOP BUMD Award juga disampaikan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo. Seusai menerima laporan dan trophy TOP BUMD Award dari Sekda, Bupati mengatakan pentingnya Bank Wonosobo menjaga kinerja perusahaan agar tetap ada di level tertinggi. Dengan telah diterimanya Award ini, saya berharap Bank Wonosobo semakin fokus pada upaya menjadi mitra masyarakat, khususnya di kalangan UMKM, pinta Bupati. Bawon, menurut Bupati juga harus semakin profesional, agar di masa mendatang tetap mampu bersaing dengan lembaga keuangan lain, mengingat tingkat persaingan kini sangat ketat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here