QAP Jangan Hanya Sebatas Untuk SOTK Baru Saja

WONOSOBOZONE – Digelarnya Quasi Assesment Programme (QAP) oleh Pemkab Wonosobo untuk para pejabat di lingkup eselon III dan IV, di Agrowisata Tambi Kejajar, Selasa (13/12) disambut positif banyak pihak. Selain para pejabat yang menjadi peserta QAP, tanggapan positif juga disampaikan Ketua DPRD, Afif Nurhidayat. Ditemui seusai menghadiri pembukaan QAP, Afif mengakui bahwa uji kompetensi bagi para pejabat penting, dan menjadi langkah maju demi terwujudnya struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) Pemkab yang lebih baik di masa mendatang.

Sebagaimana maksud dan tujuan QAP, yaitu untuk menghasilkan pejabat sesuai dengan kebutuhan dan kompetensi mereka, Afif memandang adanya ujian sangat tersebut strategis. “Ini bagus bagi penataan birokrasi ke depannya, karena dengan telah mengikuti uji kompetensi, maka para pejabat yang bakal memangku tugas dan wewenang di setiap OPD lebih sesuai,” ungkap Afif. Ia berharap QAP benar-benar diikuti secara serius oleh para pejabat di lingkup eselon III maupun IV, agar hasil yang diperoleh juga akan mampu memetakan mereka secara tepat.

Namun demikian, Afif juga memberikan catatan khusus terhadap penyelanggaraan QAP, yang menurutnya baru sebatas untuk pengisian jabatan pada SOTK baru. Seharusnya, QAP menurut Afif bisa digelar lebih sering, dan tidak hanya mencakup para pejabat, melainkan juga untuk para staf, agar mereka juga dapat ditempatkan pada posisi yang seusai dengan kompetensi yang dimiliki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here