PULUHAN RUMAH WARGA RUSAK AKIBAT TANAH GERAK DI BANJARNEGARA

BANJARNEGARA – Cuaca buruk dan curah hujan tinggi terus mengakibatkan bencana di sejumlah daerah di tanah air. Di kecamatan Pagedongan, Banjarnegara, Jawa Tengah, tanah bergerak merusak sejumlah rumah warga dan sejumlah akses jalan di kawasan tersebut.

Sebanyak 22 rumah penduduk, di Desa Kebutuh Jurang, Kecamatan Pagedongan, rusak akibat bencana tanah bergerak. Kondisi rumah warga yang terdampak mengalami retak pada dinding hingga jebol, lantai amblas hingga 50 sentimeter dan bangunan miring.

Sekretaris Desa Kebutuhjurang, Ahmad Sutarno mengatakan, tanah bergerak juga menimbulkan retakan tanah di area pekarangan warga. Sebanyak 25 kepala keluarga, atau 83 jiwa yang rumahnya rusak kini memilih mengungsi ke tempat yang aman. Pasalnya, kondisi tanah yang masih terus bergerak saat terjadi hujan membuat mereka khawatir.

“Jumlah warga yang mengungsi ada 83 jiwa. Mereka tersebar di 10 titik pengungsian. Adapun rumah rusak ada 22 rumah dan 1 mushola,” katanya di posko darurat, Senin (18/2/2019).

Dia menambahkan, pergerakan tanah mulai terjadi 6 Februari 2019 lalu. Namun, setiap harinya retakan tanah terus bertambah. Ia menuturkan, yang membuat khawatir karena retakan tanah terjadi di tengah-tengah pemukiman penduduk.

Babinsa Pagedongan, Sertu M Masrur mengatakan, pergerakan tanah masih terus terjadi setiap hari, terutama saat turun hujan. “Badan geologi saat ini tengah mengkaji kondisi tanah di permukiman warga, untuk mencatat dan mendata area yang masuk dalam zona bahaya,” tuturnya.

Murdianto (45) korban tanah gerak di Desa Kebutuhjurang mengaku was-was saat hujan turun. Sehingga, ia bersama istri dan dua anaknya mengungsi di rumah kosong.

“Kami terpaksa mengungsi, karena tembok rumah sudah ada yang jebol. Sekarang kalau siang mulai memindah barang-barang yang sekiranya masih bisa dipakai,” tuturnya.

BACA JUGA:  10 Tuntutan Front Perjuangan Rakyat Wonosobo

Artikel ini dikutip dari detik.com dengan judul”Terdampak Tanah Gerak 83 Orang di Banjarnegara Ngungsi” Penulis Uje H, link
https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4433332/terdampak-tanah-gerak-83-orang-di-banjarnegara-ngungsi

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.