PT. DPB Gelar Pelaksanaan Uji Kompetensi Bagi CTKI

WONOSOBOZONE.COM – Untuk menjamin kualitas para TKI dan jaminan peningkatan martabat TKI di luar negeri, PT. Dewi Pengayom Bangsa mengadakan uji kompetensi bagi para Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) yang akan bekerja di luar negeri.

Bertempat di kantor yang beralamat di Jl. Kasiran, Kelurahan Mlipak, yang dijadikan sebagai tempat pelatihan, dilaksanakan uji kompetensi antara lain cara Materi Pertolongan Pertama / medis dasar serta kemampuan bahasa sesuai dengan negara tujuan.

Pelaksanaan uji Kompetensi di PT DPB ini terselenggara atas kerjasama dengan LSP PD. Citra Indonesia dan yang ditugaskan sebagai Asesor adalah Virawardani,SE dan Winarni Wiwin, serta diikuti oleh CPMI dari PT. Dewi Pengayom Bangsa dan juga dari PT lain yang ada di Wonosobo.

Kepala Cabang PT. Dewi Pengayom Bangsa Wonosobo Jhon Supriyanto mengatakan, Uji Kompetensi ini dilakukan setelah Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja Luar Negri (BLKLN). dimana PT DPB Wonosobo mempunyai BLKLN yang diberi nama BLKLN Wonosobo Sukses Berkarya.

Pelaksanaan Uji Kompetensi disebut Jhon merupakan syarat yang wajib diikuti bagi setiap CPMI yang akan bekerja keluar negeri.

Uji kompetensi ini wajib dilakukan oleh para calon TKI yang hendak bekerja ke luar negeri. Dengan begitu, maka kualitas para TKI lebih terjamin dan juga mampu melayani kebutuhan di negara tujuan,” ungkap Jhon saat ditemui oleh wonosobozone.com, Selasa (11/2).

Terkait Tempat Uji Kompetensi Pekerja Domestik (TUK-PD), Jhon menjelaskan, bahwa TUK-PD telah memenuhi persyaratan dan kompetensinya sesuai dengan pedoman BSP 206-2004 tentang persyaratan umum tempat uji kompetensi. Selain itu PT PDB Wonosobo telah diakui Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatian Kerja ( LA-LPK ) dengan memberikan akreditasi kepada BLKLN Wonosobo Sukses Berkarya dengan nomor Kep.560/97/l/2018 sehingga memberikan rasa aman, nyaman dan terjamin dalam proses penyaluran CTKI.

BACA JUGA:  BKSDA Masih Buka Kesempatan Investasi Swasta di Sektor Wisata Alam

PT. Dewi Pengayom Bangsa siap mengantar TKI sukses diluar negeri, serta melindungi sejak keberangkatan, hingga pulang ke kampung halaman,” pungkasnya. (Why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.