Program Mataku Jendelaku Bantu 200 Pelajar

WONOSOBOZONE – Lions Club Wonosobo Dieng, organisasi nirlaba yang selama ini banyak bergerak kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan, kembali menggulirkan program bantuan bagi para pelajar sekolah dasar. Bekerjasama dengan Optik Sambas, Lions Wonosobo-Dieng meluncurkan program Mataku Jendelaku, untuk membantu sekitar 200 siswa-siswi di sejumlah SD yang mengalami gangguan mata minus. Presiden Lions Wonosobo, Alvin Aribowo Lee, di sela pemeriksaan refraksi mata di SD Negeri Wonosari, Sabtu (4/2) menjelaskan program Mataku Jendelaku merupakan kegiatan tahunan organisasi. “Melalui program ini, kami berupaya meringankan beban para pelajar yang menderita mata minus, agar kegiatan belajar mereka tidak terganggu,” tutur Alvin.

Untuk kegiatan pembuka di SD N Wonosari, Alvin mengaku pihaknya memberikan layanan pemeriksaan mata gratis bagi 92 anak yang tengah menempuh pendidikan di kelas 4, 5 dan 6. Nantinya, setelah diperoleh hasil dari pemeriksaan tersebut, Alvin mengaku pihaknya akan segera mengalokasikan bantuan berupa kacamata yang sesuai untuk mereka. “Pemberian kacamata yang lensanya berukuran sesuai tingkat minus masing-masing, juga akan mengurangi resiko bertambahnya derajat minusnya,” terang Malik, salah satu petugas pemeriksa dari Optik Sambas.

Kegiatan positif yang sudah berjalan beberapa tahun sebelumnya tersebut, diakui Kepala Sekolah SD Negeri Wonosari, Umi Fadilah sangat bermanfaat bagi para siswa. Setidaknya, dengan adanya pemeriksaan gratis, Umi menyebut orangtua siswa tidak harus mengeluarkan biaya tambahan, seperti apabila memeriksakan sendiri. “Harapannya tentu siswa-siswi kami sehat semua, akan tetapi jika memang ada yang mengalami gangguan mata, tentu lebih cepat diketahui dan ditindaklanjuti dengan bantuan kacamata yang sesuai,” ujar Umi. Kepada jajaran pengurus LC Wonosobo-Dieng, Umi mengungkap rasa terimakasih nya yang mendalam, atas kepedulian mereka terhadap anak-anak didiknya, dan berharap program tersebut bisa terus berjalan di tahun-tahun mendatang.

Harapan itu sejalan dengan niatan LC Wonosobo-Dieng yang menurut salah satu anggotanya, Agus Purnomo memang bakal berlanjut ke sekolah-sekolah lain. Mantan Kepala Dinsos tersebut menegaskan komitmen organisasi untuk terus berkiprah mendukung kemajuan Wonosobo melalui aksi-aksi sosial yang memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat.

(Danang Hari Purnomo-Staf Diskotik Pemkab Wonosobo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here