PROGRAM KREDIT SANITASI, BANTU WARGA KURANG MAMPU

MAGELANG – Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim), bekerjasama dengan PD BPR Bank Magelang untuk membantu warga tidak mampu dalam pembiayaan pembuatan saluran sanitasi melalui program kredit sanitasi.

Kredit sanitasi ini ditujukan kepada warga Kota Magelang yang belum memiliki akses sanitasi layak untuk dapat memiliknya melalui kredit bersuku bunga yang rendah.

Dikutip dari cendananews.com Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina, mengatakan, permasalahan akses sanitasi sehat dan layak, merupakan problem yang membutuhkan perhatian bersama. Dengan kondisi tersebut, pemerintah daerah meminta Bank Magelang membantu menyediakan kredit berbunga ringan, bagi warga yang ingin mengajukan pinjaman untuk membangun sanitasi di rumahnya. “Sehingga problem Buang Air Besar Sembarangan (BABS), yang menjadi salah satu dampak sanitasi tidak layak bisa diselesaikan,” ujarnya, Sabtu (15/12/2018).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperkim Pemkot Magelang, Handini Rahayu, mengatakan, program kredit sanitasi itu untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau kurang mampu. Pemerintah daerah selama ini memiliki program penyediaan prasarana Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), baik dengan APBD, Dana Alokasi Khusus (DAK), bantuan provinsi, maupun bantuan pemerintah pusat

Prasarana IPAL, hanya membuat sambungan hingga depan rumah warga, atau tidak sampai dalam rumah. “Untuk sambungan dari luar sampai ke dalam rumah, warga harus swadaya, sehingga masyarakat yang tidak mampu itu masih butuh dukungan dana,” tandasnya.

Artikel ini dikutip dari cendananews.com dengan judul “Warga Tidak Mampu Dibantu Kredit Sanitasi” yang ditulis oleh (Ant) Editor Mahadeva Wahyu S, link
https://www.cendananews.com/2018/12/warga-tidak-mampu-dibantu-kredit-sanitasi.html

BACA JUGA:  Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Disesuaikan Kebutuhan Medis
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.