Pramuka Peduli Kebersihan Lingkungan

WONOSOBOZONE – Selain kebersihan lingkungan sekolah, para anggota pramuka SMA Negeri 1 Mojotengah juga dituntut memiliki kepekaan terhadap lingkungan di sekitar mereka. Salah satu wujud dari kepekaan dan kepedulian tersebut, terlihat ketika puluhan anggota pramuka diajak membersihkan kawasan alun-alun kota Wonosobo, Jum’at (22/07).
 ”Anggota pramuka SMA Negeri 1 Mojotengah harus memiliki kepekaan sosial, terutama terhadap kondisi lingkungan di Wonosobo, apalagi ini menyambut hari jadi Wonosobo” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Mojotengah, Dra. S. Widiastuti, saat ditemui di tengah mendampingi anggota pramuka membersihkan lingkungan alun alun Wonosobo.
Widiastuti menjelaskan, kaitan aksi para anggota pramuka yang dengan penuh semangat membersihkan sampah di seputar alun-alun Kota, merupakan bentuk dari keinginan agar lingkungan di Kota Wonosobo senantiasa terlihat asri. Alun-alun Kota, sebagai pusat beragam kegiatan warga Wonosobo, menurut Widiastuti cukup rentan terhadap menumpuknya sampah, sehingga perlu diperhatikan kebersihannya. “Dengan inisiatif menggerakkan para anggota pramuka ini, kami berharap masyarakat juga akan ikut tergerak untuk menjaga kebersihan alun-alun,” lanjut Widiastuti.
Widiastuti juga menambahkan bahwa kebersihan alun-alun dan kota Wonosobo, bukan hanya tanggung jawab para petugas kebersihan saja, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama. Dan sesuai dengan pengamalan Dasa Dharma  dan Tri Satya Pramuka, bahwa peduli lingkungan dan sesama sangatlah penting.
“bukan hasil sampah yang terpenting pada kegiatan seperti ini, tetapi jiwa dan semangat kepedulian terhadap lingkungan yang diharapkan bisa tertanam pada para anggota pramuka” demikian imbuh Widiastuti. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here