petani asal desa Bowongso kalikajar tengah menjemur kopi di halaman rumahnya

Wonosobozone​ – Tanaman kopi di kabupaten wonosobo memiliki potensi yang luar biasa, hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Kelompok Tani Bina Sejahtera Desa Bowongso Kalikajar Edi Subekti yang telah bertahun – tahun bergelut di dunia kopi.

Edi menambahkan potensi tersebut bisa dihasilkan sepanjang kopi bisa dikelola dengan baik. Dan pengelolaan yang baik tersebut dimulai dari proses penanaman, pemeliharaan, pemanenan hingga pasca panen.

“jika pemeliharaan baik, pemetikan dilakukan benar  dan pengelolaan pasca produksinya tepat kopi wonosobo bisa menjadi komoditas andalan,” katanya.

Pihaknya berharap, petani, masyarakat umum, pelaku usaha serta pemerintah harus lebih terbuka terhadap potensi wonosobo, terutama kopi. Sebab tanaman kopi bukan barang baru namun seolah menjadi baru karena banyak informasi terkait pengelolaan  pasca produksi belum diketahui secara luas.

“Saya kira semua harus terbuka dengan potensi kopi di wonosobo, lagi pula, saat ini sudah banyak kedai  kopi di jalur wisata dieng menyediakan single origin blend,” pungkasnya.

(RTA)

BACA JUGA:  Kualitas Pendidikan Dinilai Lebih Strategis Kurangi Angka Kemiskinan