Poskamling Nyaman, Warga Mutiara Persada Makin Semangat Meronda

Tampak dari depan
Tampak dari samping
WONOSOBOZONE – Warga RT 01/ RW 05 Perumahan Mutiara Persada, Kelurahan Rojoimo, Kecamatan Wonosobo memiliki cara unik untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan mereka. Melalui ikhtiar swadaya penuh, warga membangun sebuah pos keamanan keliling, atau biasa dikenal dengan Poskamling, dengan desain selayak rumah, agar setiap tiba giliran berjaga berasa lebih nyaman. Camat Wonosobo, Zulfa Ahsan Alim yang juga penduduk di RT 01 RW 5 mengaku sangat bangga dan bersyukur, kerja keras selama lebih dari 3 bulan warga akhirnya berujung memuaskan. “Saya didaulat untuk meresmikan pada Sabtu malam, (18/9) lalu dan secara jujur harus saya akui poskamling ini sangat bagus, nyaman dan tak jauh berbeda rasanya dengan berada di rumah,” ungkap Zulfa di kantornya, Rabu (21/9).

Menurut Zulfa, inisiatif warga di RT 01/ RW 05 untuk membangun poskamling representatif sudah lama diwacanakan. Tak ingin sekedar poskamling yang akhirnya hanya kosong di waktu-waktu ronda, ide itu kemudian berkembang, dan akhirnya memunculkan desain unik berupa bangunan Menyerupai balai. Tak hanya eksterior nya yang tampak indah, warga juga bergotong royong mengisi bagian dalam pos dengan perlengkapan selayak nya di rumah sendiri. “Ada meja dan kursi, Televisi, Matras bahkan sampai kompor gas untuk keperluan memasak air atau makanan, sehingga apabila sewaktu-waktu warga yang tengah berjaga merasa lapar atau haus tak lagi kebingungan,” beber Zulfa. Sekarang, warga setempat dikatakan Zulfa jauh lebih rajin menunaikan tugas ronda sesuai gilirannya, bahkan terkadang di luar jadwal mereka memilih berkumpul di poskamling.

Meningkatnya semangat warga untuk ronda malam demi menjaga keamanan lingkungan di sekitar perumahan, juga diungkap Ketua RT 1/RW 05, Oktadiana Sulistriyanto. Menurut Okta, apa yang direncanakan warga sebelum membangun poskamling akhirnya dapat direalisasikan. “Kami memang berusaha, agar semangat warga tergugah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan, sehingga kawasan perumahan terhindar dari upaya-upaya tindak kejahatan,” tegas Okta. Tak hanya nyaman saat digunakan untuk pos ronda di malam hari, lahan sekitar poskamling pun, menurut Okta dibuat ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan warga untuk berkumpul, khususnya di waktu sore menjelang senja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here