Polres Magelang Tangkap Pencuri Motor Yang Berpura-pura jadi Juru Parkir

MAGELANG – Polisi menangkap seorang terduga pencuri motor di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) dengan berpura-pura menjadi tukang parkir. Pelaku menjalankan aksinya beberapa kali di sejumlah daerah Jateng.

Pelaku, Joko Hermanto (37) warga Grabag Magelang, diamankan polisi setelah ada laporan dari warga yang menjadi korban.

Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi mengatakan, Dia mengelabui targetnya dengan cara menjadi juru parkir.

“JH ini melakukan aksinya di 8 lokasi. Ada 6 sepeda motor yang berhasil diamankan,” katanya, Senin (15/07/2019).

Dalam menjalankan aksinya, pelaku menggunakan kunci sok dan anak kunci sok. Dia membuka paksa kunci kontak motor tersebut, dan saat kendaraan tersebut menyala, langsung dia bawa kabur.

Dia mengatakan, selain menahan Joko, pihaknya juga menahan Prasetyo Budi Antoro (25) warga Tegalrejo yang berperan sebagai penadah. Dia lantas menjual barang curian Joko secara online.

Dikatakan Kapolres Magelang Kota, hari Rabu (26/06/2019) pagi sekitar pukul 04.00 WIB tersangka JH datang ke sekitar Pasar Kebonpolo Kota Magelang untuk menjadi tukang parkir. Sekitar pukul 04.30 JH melihat ada sepeda motor Yamaha Mio, yang kemudian didekatinya.

Dengan menggunakan kunci shock yang dirangkai dengan potongan besi yang sudah pipih bagian ujungnya, JH melakukan aksinya. Setelah berhasil, sepeda motor tersebut langsung dibawa kabur. Sepeda motor tersebut kemudian dijual kepada PB (25) warga yang tinggal di wilayah Kecamatan Tegalrejo Magelang dengan harga Rp 900 ribu.

Setelah memperoleh informasi adanya pencurian sepeda motor tersebut, tim Sat Reskrim Polres Magelang Kota langsung melakukan penyelidikan. Termasuk penyelidikan di sekitar Kantor Patwal Kota Magelang. Titik terang pelaku sudah diketahui, beberapa hari kemudian diperoleh informasi adanya aksi percobaan pencurian yang dilakukan seseorang yang diduga sebagai pelaku aksi penciurian sepeda motor di sekitar Pasar Kebonpolo.

BACA JUGA:  Makmun anak tangguh dari Wonosobo

Saat dilakukan pemeriksaan, JH mengakuinya. Barang curian dijual kepada PB. Saat melakukan penangkapan PB, diketahui di rumah PB terdapat sepeda motor Yamaha Mio, yang merupakan hasil pencurian di sekitar Pasar Kebonpolo, dan sepeda motor Yamaha R-15 yang merupakan hasil pencurian di wilayah Secang Magelang. 

Artikel dikutip dari krjogja.com Penulis Thoha
https://krjogja.com/web/news/read/104603/Berpura_pura_jadi_Juru_Parkir_Bawa_Kabur_Motor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.