Pokdarwis Wonosobo Bertambah 1 Porsi, Wisata Alam Baru Siap Dikunjungi



WONOSOBOZONE – Desa Igirmranak, Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo resmi memiliki Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Hal tersebut menambah jumlah Pokdarwis yang ada di Wonosobo. Kepala Desa Igirmranak, Joko Tri Sadono menyebut Pokdarwis tersebut perlu dibentuk, mengingat potensi wisata yang ada di Desa Igirmranak perlu di kembangkan. “Kami sengaja melegalkan Pokdarwis Igirmranak dengan nama Pesona Rotodowo, agar dalam pengelolaan dan juga pengembangan potensi alam lebih maksimal”, urai Kades usai memberikan sambutan pada prosesi pelantikan Pokdarwis Pesona Rotodowo di Balai Desa Igirmranak, Jum’at (22/7).

Dihadapan Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Perwakilan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Wonosobo, dan Seniman Air Gunung, Joko mangatakan potensi alam Igirmranak di antaranya mampu menikmati indahnya matahari terbit (sunrise) dan juga matahari tenggelam (sunset) di bukit Rotodowo. ” Di puncak bukit, terdapat tanah lapang yang memanjang dengan panjang lebih dari 200 meter dan lebar tak kurang dari 100 meter, jadi mampu menampung lebih dari 2000 tenda”, ungkapnya. Selain itu, Joko merencakan pembangunan batu pandang, paralayang dan juga flying fox untuk mendukung wisata yang ada di Igirmranak.

Sementara Ketua Pokdarwis Pesona Rotodowo, Mukhozin optimis terhadap potensi wisata di Igirmranak yang akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Wonosobo. Setelah mendapat Surat Keputusan (SK) Pokdarwis pada Desember 2015, Mukhozin mengaku bahwa pihaknya juga akan mengoptimalkan potensi alam yang ada di Igirmranak dibidang pertanian. “Sekarang tren anak muda di Desa kami bukan lagi mencangkul, oleh karena itu kami alihkan untuk mengelola wisata agar nantinya mampu menjadi sumber pendapatan bagi warga desa sebagai pendamping usaha pertanian”, jelas Mukhozin.

Menanggapi Hal tersebut, Kepala Parekraf, Agus Purnomo, mengaku apresiatif. Agus meyakini potensi alam yang ada di Igirmranak mampu menarik para wisatawan untuk berkunjung. “Selain infrastruktur, SDM Desa Igirmranak juga harus di persiapkan, agar nantinya pihak Desa mampu meminimalisir kendala yang mungkin terjadi, “terangnya. Agus berharap, Pokdarwis Pesona Rotodowo yang telah terbentuk dapat mengelola wisata dengan baik. “Perlu adanya papan informasi maupun penunjuk arah di berbagai tempat untuk para wisatawan agar tidak tersesat dalam perjalanan wisatanya,” pungkas Agus. (Ard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here