Pohon Beringin Alun-Alun Kembali Roboh

Beringin tumbang menimpa papan informasi dan lampu penerangan

WONOSOBOZONE – Setelah 5 tahun yang lalu tumbang, kali ini salah satu pohon beringin yang berada di sebelah utara alun-alun atau lebih tepatnya di sebelah barat pintu masuk pendopo kembali roboh, pada pukul 11 malam, di hari Kamis, (12/17). Menurut Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersiha Dinas Lingkungan Hidup, Endang, penyebab dari robohnya pohon beringin tersebut adalah usia yang sudah tua.

Endang menyebut pohon yang tumbuh lebih dari 100 tahun itu mengalami kelelahan, mengingat tidak ada hujan ataupun angin pada saat beringin tumbang terjadi. Beruntungnya, tidak ada korban jiwa. “Kalau diperkirakan sudah ratusan tahun umur pohonnya, sedangkan jumlah pohon yang ada di alun-alun adalah 40 pohon, namun untuk pohon yang sudah berumur ratusan tahun, berayap dan tengahnya berlubang sedikitnya 10 pohon,” urai Endang kepada Wonosobozone.

Menyikapi ambruknya ikon alun-alun Wonosobo tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Muawal Sholeh mengaku pihaknya akan mengupayakan peremajaan pohon beringin yang ada di jantung kota tersebut. Menurut Muawal, lebih dari 10 beringin yang ada di alun-alun harus diremajakan kembali. “Kita berusaha untuk melakukan peremajaan, akan kita survey bersama-sama, kita ganti dengan Beringin walik supaya kekuatan akar bisa membantu pohon induknya,” terang Kepala Dinas LH.

Selain itu, Muawal menyebut pemotongan dahan juga menjadi solusi alternative untuk mengantisipasi kejadian serupa agar tidak terjadi. Muawal menghimbau kepada pengunjung ataupun pengendara yang melintasi Alun-alun untuk lebih waspada. “Beringin ambruk ini menimpa papan informasi dan lampu penerangan alun-alun serta beberapa bangunan disekitar pohon,” tandasnya. (Ard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here