Pilkada Makin Dekat, KPU Butuh Jasa Lipat



WONOSOBOZONE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonosobo menyelesaikan tahapan pelipatan kertas suara untuk Pilkada 9 Desember mendatang. Selama 2 hari terakhir, tak kurang dari 300 orang bahu-mambahu melipat 680.832 lembar kertas berisi gambar empat paslon tersebut di Gedung Korpri. “Pelipatan kertas suara ini telah dimulai pada 29 November, alias sehari lalu dan akan selesai pada hari ini juga,” jelas Asma Khozin, salah satu komisioner KPU Wonosobo ketika ditemui di gedung Korpri, Senin (30/11). Demi merampungkan pelipatan kertas suara tersebut, Asma mengakui para petugas, yang rata-rata merupakan PPS dari 15 Kecamatan, bahkan harus lembur sampai malam hari. “Hari pertama dikerjakan sampai pukul 21.30 WIB dan hari kedua ini kami targetkan tuntas sebelum malam,” jelas Asma. 
Selain PPS, pelipatan kertas suara tersebut juga melibatkan kalangan masyarakat umum. “Tenaga pelipatan memang berasal dari masyarakat umum juga, mengingat jumlah PPS juga terbatas,” jelas Dian Kartika Wulandari, komisioner lain yang juga berada di lokasi pelipatan. Jumlah tenaga pelipat, dikatakan Dian juga tergantung dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) per Kecamatan. “Untuk yang jumlah DPT besar, tenaga juga semakin banyak, namun rata-rata per kecamatan mengirim antara 20 sampai 30 orang pelipat,” lanjut Dian. Untuk jasa melipat suara tersebut, Dian mengatakan bahwa setiap tenaga pelipat diberikan honor pekerjaan dengan hitungan 90 rupiah per lembar kertas suara. 
Setelah proses pelipatan selesai, KPU akan segera melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu pengepakan (Packing) dan distribusi ke Kecamatan. Menurut Asma Khozin, proses pendistribusian logistik Pilkada tersebut bisa diharapkan tintas pada 6 Desember mendatang. 
source : wonosobokab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here