Petani Diharapkan Kembangkan Budidaya Lokal

WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, mengharapkan petani bisa mengembangkan budidaya hasil pertanian lokal. Hal ini disampaikannya saat membuka Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), Selasa, 6 Desember di UMKM Center Mendolo.
Menurutnya ajang temu petani yang baru pertama kali diadakan di Wonosobo ini, diharapkan bisa mendukung pembangunan di bidang pertanian, dengan memberdayakan potensi lokal, termasuk didalamnya menggalakkan One Village One Product (OVOP), sehingga mampu menumbuhkan wirausahawan lokal, yang akan berdampak positif pada peningkatan perekonomian petani yang lebih maju dan mandiri, sekaligus diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat dengan mendorong simpul-simpul ekonomi kerakyatan, utamanya sektor agro industry pertanian yang didukung oleh infrastruktur fisik dan non fisik yang memadai.
Hal ini diminta Bupati juga dibarengi dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia petani, untuk menopang dan memantapkan kelembagaan KTNA di Kabupaten Wonosobo, dalam rangka membangun kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan, menuju kesejahteraan petani Wonosobo.
Ditambahkan Bupati, adanya kegiatan ini juga bisa meningkatkan perkembangan ekonomi kerakyatan, dalam kerangka pembangunan ekonomi daerah, yang mana salah satu bidang ekonomi kerakyatan yang memiliki potensi besar, yang mampu menopang ekonomi di Kabupaten Wonosobo adalah pertanian, sebagai salah satu faktor kunci yang di dukung potensi sumberdaya lain, termasuk juga perikanan.
Sedangkan Ketua KTNA Kabupaten Wonosobo, Mudoyo, menyampaikan kegiatan ini merupakan persiapan ajang Pekan Daerah KTNA tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Maret di Grobogan serta Pekan Nasional KTNA yang direncanakan pada bulan April 2017 di Aceh, yang mana dalam acara ini digelar beberapa kegiatan, diantaranya alih teknologi pertanian dan pameran alat pertanian serta pameran hasil pertanian lokal.
Dalam Pekan Daerah KTNA yang diikuti oleh KTNA dari 15 kecamatan se Kabupaten Wonosobo ini, selain pameran hasil-hasil pertanian juga digelar lomba komoditi ketela pohon, jagung, padi, salak dan pisang, lomba asah terampil, serta lomba olahan ayam kampung, ikan nila dan ikan air tawar. 
Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian Kabupaten Wonosobo, Abdul Munir, menyampaikan apresiasi digelarnya kegiatan ini, selain sebagai media komunikasi KTNA Wonosobo juga sebagai ajang konsolidasi kelembagaan, termasuk dengan digelarnya lomba asah terampil, yang menurutnya bisa mengaplikasikan keterampilan yang diperoleh petani sekaligus meningkatkan transfer teknologi pertanian yang diharapkan bisa lebih memberdayakan para petani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here