Pesona Dieng, Wisata Alam dan Sejarah

Telaga Warna Dieng
WONOSOBOZONE – “Daerah pegunungan tempat para dewa bersemayam.” Demikian pengertian dari Dieng.
Dataran tinggi yang terletak di wilayah Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah, itu sudah terkenal keindahan alam dan warisan peninggalan budayanya. Dieng berada di sebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Selain itu, di Dieng juga terdapat telaga yang cukup terkenal, yakni Telaga Warna. Untuk masuk ke dalam area telaga, pengunjung lokal akan dikenakan biaya masuk Rp 5 ribu. Sementara, untuk pengunjung mancanegara akan dikenakan Rp 100 ribu per orang.
Pemandangan Telaga Warna begitu indah menawan hati. Telaga itu berwarna biru dengan airnya yang bersih. Di sekeliling telaga banyak pepohonan yang semakin menambah suasana asri lokasi itu.
Patung di Goa Semar

Di sekitar Telaga Warna juga terdapat sejumlah goa, yakni Goa Semar, Goa Jaran, dan Goa Sumur.

Cuaca dingin pegunungan Dieng semakin menambah eksotisme panorama sekitar. Ketinggian pegunungan Dieng rata-rata 2.000 m di atas permukaan laut.
Karenanya tak heran suhu di Dieng terasa begitu dingin. Pada siang hari, suhu berkisar antara 12 hingga 20 derajat celcius. Sementara pada malam hari sekitar 5 sampai 10 derajat celcius.

Kawah Sikidang Dieng

Sejumlah turis dari dalam negeri maupun mancanegara tampak tengah menikmati pemandangan gunung yang memiliki banyak kawah itu. Tak jauh dari Telaga Warna terdapat kawah Sikidang.

Komplek Candi Dieng
Di Dieng juga terdapat candi peninggalan Hindu yang diperkirakan dibangun pada abad ke-7 masehi. Candi-candi itu tak berada dalam satu lokasi. Letaknya terpencar di beberapa lokasi.

Mulai dari Candi Gatot Kaca, Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Semar, Candi Sembadra, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Gangsiran Aswatama dan Candi Dwarawati.

Dieng menjadi salah satu bukti kayanya alam Indonesia. Anda tertarik? Mungkin Dieng bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk berlibur. (AM)

BACA JUGA:  Pemerintah Wajibkan Kopi Instan ber-SNI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.