Permudah Wisatawan, Kini Kawasan Wisata Dieng Pakai Aplikasi Barcode

Banjarnegara – Ada yang baru di kawasan wisata Dieng. Untuk permudah Wisatawan kini kawasan Dieng pakai aplikasi barcode, Wisatawan bisa mengakses informasi dengan mudah lewat aplikasi barcode.

Kepala UPT Pengelolaan Obyek Wisata Banjarnegara Aryadi Darwanto mengatakan, dengan layanan barcode akan mempermudah wisatawan untuk mengetahui perihal tentang obyek wisata di Dieng. Misalnya, obyek wisata Candi Arjuna, wisatawan akan mengetahui sejarah dari candi melalui barcode.

“Wisatawan dengan mudah mendapatkan informasi sejarah candi-candi, cerita beberapa dewa Hindu,” ujarnya di obyek wisata Dieng, Minggu (16/6/2019).

Treveler yang ingin mengetahui seluk-beluk informasi tentang dataran tinggi Dieng tidak perlu ribet lagi. Kini semua informasi tentang obyek wisata dalam genggaman melalui teknologi barcode.

Wisatawan dapat memanfaatkan aplikasi di gadget melalui scanner untuk memindai barcode. Layanan ini, tersedia di semua obyek wisata di dataran tinggi Dieng.

Barcode ini ada di semua obyek wisata, termasuk arca-arca di museum Kaliasa. Selain itu, juga dipasang di Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, kantor Geo Dipa Energi serta obyek wisata lainnya.

“Harapannya, wisatawan dengan mudah mendapatkan informasi tentang budaya, legenda Dieng, vulkanalogi, geotermal, dan paket wisata. Sehingga, harapan Dieng menjadi destinasi wisata edukasi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan bisa terwujud,” harapnya.

Layanan ini, sudah bisa dinikmati wisatawan mulai pekan depan. Nantinya, barcode ini tidak hanya dipasang di obyek wisata yang secara geografis masuk wilayah Banjarnegara, namun di semua kawasan obyek wisata Dieng.

“Pada intinya, untuk memudahkan wisatawan. Jadi tidak hanya obyek wisata yang ada di Banjarnegara tetapi di semua kawasan,” terangnya. 

Artikel dikutip dari detik.com penulis Uje Hartono
https://m.detik.com/travel/travel-news/d-4588125/permudah-wisatawan-kini-dieng-pakai-aplikasi-barcode

BACA JUGA:  BUKAN SEMATA ANUGERAH, Keamanan tercipta karena kita semua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.