PERMUDAH PARA CPMI, BNI FASILITASI KUR TKI DENGAN BUNGA RENDAH

WONOSOBOZONE – PT Bank Negara Indonesia atau BNI (Persero) Tbk Kantor Cabang Wonosobo bekerjasama dengan PT Bumenjaya Eka Putra Cabang Wonosobo yang bergerak di bidang Jasa Penyaluran Penempatan Pekerja Migran Indonesia atau PPPMI melalui program Kredit Usaha Rakyat atau KUR TKI, yang bertujuan untuk meringankan beban Pekerja Migran Indonesia untuk biaya penempatan atau cost structure.

Pemimpin BNI Cabang Wonosobo, Yusuf Kurniawan menjelaskan, kerjasama tersebut dilakukan sesuai dengan program pemerintah dan program pembiayaan kepada pekerja migran Indonesia atau PMI (TKI). Yusuf juga mengaku pihaknya akan membantu memudahkan para calon PMI untuk berangkat ke luar negeri dengan bentuk support pembiayaan dokumen, pelatihan, sertifikasi, dan akomodasi pembelajaran melalui pembiayaan berupa fasilitas KUR dengan bunga 7 persen per tahun. “Dengan bunga 7 persen, itu sangat meringankan dari pemberlakuan KUR, karena sebelumnya kami mendapat informasi bunga dari lembaga keuangan lain sebesar 15 persen per tahun,” ungkap Pria kelahiran Solo itu.

Sementara, Direktur Utama PT Bumenjaya Eka Putra Cabang Wonosobo, Purwanto menjelaskan, sejak tahun 2008 PT Bumenjaya Eka Putra berdiri sebagai Perusahaan Jasa Penyaluran Penempatan Pekerja Migran Indonesia atau PPPMI dengan banyak cabang di kabupaten lain. Kerjasama tersebut, lanjutnya, merupakan kerjasama yang kedua dengan BNI yang sebelumnya pihak PPPMI sudah melakukan MoU sekitar 4 bulan yang lalu dengan Bank BNI Cabang Indramayu. “Kemudian ditindaklanjuti dengan yang ke dua di Wonosobo ini,” terangnya.

Purwanto menambahkan, biaya penempatan PMI berbeda-beda, diantaranya untuk penempatan paling tinggi di Taiwan yakni 19 juta rupiah dan paling rendah Singapura yakni sekitar 13 juta rupiah. Menurut pria kelahiran Wonosobo itu, biasanya para pekerja migran Indonesia melunasi dalam waktu enam hingga sembilan bulan. “Biaya angsuran KUR dan remitansi dimasukkan kedalam komponen bunga hingga tak ada biaya tambahan bagi PMI. Angsuran pinjaman PMI akan didebet dari rekening PMI karena gaji dari majikan juga dimasukkan dalam rekening PMI tersebut,” pungkasnya. (Ard)

BACA JUGA:  Chef Profesional Dituntut Untuk Berfikir Kreatif
Penandatanganan perjanjian kerja sama PT Bank Negara Indonesia Cabang Wonosobo
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.