Permintaan Unik Bocah Rambut Gimbal

WONOSOBOZONE – Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-5, Lions Club Wonosobo – Dieng menggelar ritual cukur rambut gimbal di Kawasan Wisata Telaga Menjer yang berada di Kecamatan Garung, Wonosobo pada minggu siang kemarin (19/4).
Acara tersebut diikuti oleh 5 anak perempuan berambut gimbal yang akan dicukur rambut gimbalnya. Namun sebelum itu, terlebihdahulu mereka menjalani prosesi dikirab yang dimulai dari pintu masuk Telaga serta diiringi dengan kesenian daerah bernama lenggerdengan tari te-tek bambu, baru kemudian dicukur dan kemudian rambutnya dilarung di telaga Menjer.
oleh tante griz
Setelah sampai di panggug utama, satu per satu anak gimbal dibopong menuju kursi yang di sebelahnya terdapat cawan besar. Sebelum dicukur, pemandu acara membacakan permintaan sang anak yang aneh-aneh dan unik. seperti ikan asin atau rese, tempe gembus, sepeda warna merah muda, boneka hello kity dan ada pula yang meminta sepeda tiga.
Selain ratusan masyarakat yang datang untuk menyaksikan, hadir pula 15 tamu undangan dari luar kota seperti gubernur
lions dari surabaya, makasar, yogya dll. Tak lupa Pak Camat dan Pak Lurah ikut menyaksikan ritual tersebut. 
foto:tante griz
Menurut Ketua Lions Club Wonosobo –Dieng Maya Rosida, pada ulang tahun kali ini, organisasinya sengaja menggelar cukur rambut gimbal di Telaga Menjer. Tujuannya untuk mengangkat sektor wisata budaya dan wisata alam milik Wonosobo. “Dalam acara ini banyak tamu internasional, kami ingin kenalkan wisata dan budaya Wonosobo,” kata Maya yang juga Wakil Bupati Wonosobo.
Maya berharap, jamuan wisata budaya kepada tamu nasional dan internasional jaringan Lion Club akan memberikan dampak baik dalam peningkatan pendapatan masyarakat dari sektor wisata. “Proses acara ini juga semuanya dipersiapkan oleh kelompok desa wisata Menjer,” katanya.
Sekretaris Lion Club Wonosobo-Dieng Paulus P Wibowo menambahkan, organisasinya sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang sosial juga memiliki komitmen dalam meningkatkan pertumbuhan dunia pariwisata di Wonosobo. “Sebelum acara ini, kami juga ajak semua tamu mengunjungi Dieng, dengan begitu mereka bisa bercerita kepada kawan di kotanya dan di negaranya,” ujarnya.
Dalam ulang tahun kali ini, kata Paulus, Lions Club Wonosobo meneguhkan komitmen untuk terus melakukan kegiatan sosial yang selama ini sudah dilakukan. Di antaranya peduli pendidikan, peduli penyakit diabetes serta berbagai jenis kegiatan lain dalam meningkatkan derajat kehidupan manusia. “Tentu kami akan terus bekerja dalam dunia kepedulian sosial sebagai dasar dari kegiatan organisasi kami,” jelasnya.
source:www.radarkedu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here