Permintaan Kepokmas Masih Stabil


WONOSOBOZONE – Memasuki hari ketiga Ramadhan, permintaan konsumen akan komoditas pokok terhitung masih stabil. Dari keterangan sejumlah pedagang di pasar induk Wonosobo, ketika ditemui pada Rabu (8/6), harga-harga kebutuhan pokok pun belum beranjak dari sebelum puasa.

“Harga daging ayam untuk saat ini masih sma seperti sebelumnya, yakni 30 ribuan per kilogram nya”, ungkap Ny Wahyu, pedagang ayam yang biasa menggelar lapak di sebelah barat pasar induk.

Permintaan daging ayam, diakui Wahyu justru agak meningkat pada beberapa hari menjelang Ramadhan, dan berangsur stabil sejak 4 hari terakhir.

Kondisi yang sama juga terjadi pada para pedagang bumbu dapur, di mana sejak hari pertama puasa, belum merasakan peningkatan permintaan konsumen. Samiati, salah satu pedagang bumbu dapur menyebut persediaan dagangan selama awal ramadhan tak berbeda dengan hari biasa.

“Untuk bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih masih bertahan di harga antara 25 ribu sampai 33 ribu rupiah tergantung jenisnya,” terang Samiati.

Kenaikan harga cukup berarti, menurut Samiati terjadi pada komoditas gula. Dari harga sebelum puasa di sekitar 11 Ribuan, gula pasir di hari ketiga sudah menyentuh 16 ribu rupiah.

“Mungkin karena warga banyak membuat makanan manis,” ucap Samiati.

Beberapa konsumen yang ditemui tengah berbelanja di pasar induk mengaku adanya kenaikan harga tersebut. Dian, ibu muda dari Wonolelo menyebut naiknya harga komoditas manis tersebut sudah terasa sejak hari pertama Ramadhan.

“Harga gula merah  juga naik cukup lumayan, karena sebelumnya hanya sekitar 13 atau 14 ribuan, sekarang sudah mencapai 18 ribuan per kilogram nya,” pungkas Dian.

Source: wonosobokab.go.id
Original writer:DAP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here