Peringati HPSN, Wonosobo Bergerak Bersama Bersihkan Sampah

WONOSOBOZONE – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), yang akan diperingati Minggu 21 Februari 2016 mendatang, bakal ditandai dengan gerakan bersama seluruh warga masyarakat Wonosobo bersih-bersih lingkungan di sekitarnya. Himbauan untuk gerakan membersihkan lingkungan tersebut, dikatakan Sekretaris Daerah Eko Sutrisno Wibowo, telah disebar ke semua lembaga melalui surat edaran. “Mulai dari SKPD di lingkup Pemkab, Kecamatan, hingga sekolah-sekolah di bawah koordinasi Dikbudpora telah kami minta untuk mendukung HPSN,” tegas Eko ketika ditemui Jumat (19/2).
Untuk lingkup SKPD, Eko menjelaskan bahwa para pegawai selain diminta untuk bergotong-royong di lingkungan masing-masing, juga akan diajak bersama-sama membersihkan Kota Wonosobo pada Jumat (26/2) mendatang. “Kami telah meminta bagian Organisasi dan Kepegawaian Setda untuk menginformasikan kepada para PNS terkait rencana bersih-bersih Kota Wonosobo,” lanjut Eko. Sementara, untuk Desa/Kelurahan, acara bersih bersih lingkungan secara serentak akan digelar bersamaan dengan anak-anak sekolah, yaitu Minggu (21/2). Tak hanya itu, demi memaknai HPSN secara sungguh-sungguh, Eko juga mengaku telah berkoordinasi dengan organisasi kemasyarakatan untuk turut bergerak bersama. “Untuk ormas maupun unsur pemerhati lingkungan yang terlibat dalam kerja bakti, akan dikoordinasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” lanjut Sekda.
Gerakan serentak membersihkan lingkungan, disebut Eko merupakan bentuk kepedulian, tak hanya untuk lingkup Wonosobo, tapi juga Indonesia. “Kalau di tingkat Nasional Pemerintah mengambil tema “Mari bergerak untuk Indonesia bebas sampah, maka di lingkup Wonosobo temanya adalah Wonosobo Bergerak, Untuk Indonesia Yang Bebas Sampah,” urai Eko. Dengan bersihnya lingkungan dari tumpukan sampah, Eko optimis, potensi-potensi gangguan kesehatan, terutama yang disebabkan oleh bakteri dan nyamuk juga akan berkurang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here