Peringati Hari Guru Ratusan Guru Ikuti Test IVA

WONOSOBOZONE – Peringati Hari Guru, ratusan guru di Wonosobo mengikuti test kanker rahim atau test IVA gratis, Kamis, 24 November yang digelar di 3 lokasi, yakni Puskesmas Sapuran, Wonosobo I dan Selomerto. 
Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo, Ny.Fairuz Eko Purnomo, saat melakukan pantauan di 3 puskesmas tersebut menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Dinas Kesehatan bekerjasama dengan BPJS Kesehatan ini. Menurutnya, bagi sebagian perempuan, kanker rahim (Ca Serviks) merupakan momok menakutkan yang wajib dijauhi. Sehingga gelaran deteksi dini kanker serviks melalui pemeriksaan metode IVA ini dinilai sebagai langkah tepat untuk mengurai maraknya temuan panyakit kanker ini di tengah kaum perempuan. Apalagi bagi para guru, yang harus memberi teladan kepada anak didiknya, sehingga kondisi tubuh sehat dan bugar menjadi hal yang mutlak diperlukan.
Selain sebagai upaya deteksi dini terhadap kanker serviks, Ny.Fairuz juga menjelaskan, bahwa dalam kegiatan tersebut, setiap guru diberikan pemahaman lebih mendalam terkait penyakit berbahaya ini, yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo serta dari Puskesmas. Diharapkan melalui kegiatan positif tersebut, akan dapat menghindarkan para pendidik dari kanker serviks.
Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Wonosobo, RM Okie Hapsoro BP, pasien yang terkena kanker serviks biasanya diketahui saat sudah berada pada stadium lanjut. Di kondisi seperti itu, penyakit sudah sulit untuk diterapi, sehingga prosentase kesembuhan juga kecil. Dengan adanya metode test IVA ini, potensi bahaya penyebaran sel kanker bisa diketahui sejak dini, sehingga terapi yang diberikan akan memiliki harapan sembuh lebih besar. 
Dalam pemeriksaan gratis kali ini, tercatat guru di lingkup kecamatan Wonosobo yang memeriksakan diri di Puskesmas Wonosobo I sebanyak 80 orang yang berasal dari TK/SD pada UPT DISDIKBUDPORA Kecamatan Wonosobo, SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri 4, SMA Negeri 1, SMK Negeri 1 dan 2 Wonosobo. Dari Kecamatan Selomerto sebanyak 60 orang, berasal dari SD/TK UPT DISDIKBUDPORA Kecamatan Selomerto, SMPN 1 dan 2 Selomerto serta SMA Negeri 1 Selomerto. Sedangkan dari Kecamatan Sapuran sebanyak 60 orang, yang berasal dari SD/TK UPT DISDIKBUDPORA Kecamatan Sapuran, SMPN 1, 2 dan 4 Sapuran, SMA Negeri 1 Sapuran serta SMK Negeri 1 Sapuran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here