PERHATIKAN POPULASI IKAN LANGKAH, KEMENTERIAN PERIKANAN RI TEBARKAN BENIH IKAN DI SUNGAI SERAYU

BANJARNEGARA – Sebagai upaya menjaga dan menumbuhkan populasi ikan di alam liar. Deputi Kementerian Perikanan RI menebarkan benih ikan langka sebanyak 690 ribu di Sungai Serayu, Minggu (7/4/2019).

Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan dan Budidaya pada Kementrian Kelautan dan Perikanan, Slamet Subiakto mengatakan, jenis ikan yang disebar di Sungai Serayu adalah ikan yang saat ini sudah jarang ditemui, yakni ikan Baung dan Nilem. Dua jenis ikan ini nyaris punah, sehingga perlu dikembalikan populasinya. Satu cara yang dilakukan adalah dengan menebar benih ini.

“Kami berharap dengan menebar benih ini dapat mengembalikan populasi ikan yang saat ini sudah langka. Apalagi, Sungai Serayu merupakan endemik ikan Baung dan Nilem,” katanya.

Dia menambahkan, setelah penebaran benih ini, ke depan ikan-ikan ini akan menjadi sumber pendapatan masyarakat. Penangkapan ikan berlebihan dan kurangnya kepedulian terhadap sungai menjadi penyebab ikan yang selama ini endemik punah.

Usai menebar benih ikan, ia sempat berpesan agar masyarakat dan Pemkab Banjarnegara mampu menjaga keanekaragaman hayati di Serayu. Satu di antaranya adalah membuat peraturan untuk menjaga kelestarian sungai.

“Kami sarankan ada Perda yang mengatur tentang menjaga kelestarian sungai. Di dalamnya jangan membuang sampah ke sungai, serta tidak boleh menangkap ikan berlebihan misalnya dengan menggunakan obat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris daerah Banjarnegara Indarto mengatakan, terkait masalah peraturan daerah, Banjarnegara memang belum memilikinya. Namun, pihaknya merespons baik akan usulan perda ini, mengingat hingga saat ini belum ada perda yang mengatur tentang pelestarian dan penangkapan ikan di sungai.

“Sebenarnya kami pernah membahas tentang ini, tetapi sampai sekarang belum Perda yang mengatur tentang pelestarian sungai. Ini menjadi usulan yang baik untuk menjaga kelestarian sungai,” katanya.

BACA JUGA:  Festival Kesenian Tradisional Hibur Masyarakat Wonosobo

Artikel dikutip dari satelitpost.com
https://satelitpost.com/regional/banjarnegara/kementerian-perhatikan-populasi-ikan-serayu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.