Peresmian MaPolres Dimeriahkan Musik Sinergitas

WONOSOBOZONE – Peresmian gedung Polres Wonosobo oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Condro Kirono ,MM, M.Hum. dalam acara tersebut dimeriahkan berbagai macam kesenian. Salah satunya adalah karawitan dan Tek – Tek, (15/1).

Kesenian karawitan ini merupakan hasil sinergitas antara TNI dan Polri. Karena para pemainnya merupakan gabungan dari kedua instansi tersebut.

Kapten Sulistiyono selaku koodinator dari Kodim menyampaikan bahwa musik karawitan ini merupakan warisan para leluhur dari nenek moyang kita. Yang saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda.

Banyak anak muda yang tidak tahu akan karawitan. Untuk itu Kodim dan Polres membentuk grup karawitan sebagai media komunikasi dengan rakyat.

Manfaat yang lain dengan dibentuknya grup karawitan adalah sinergitas Kodim dengan Polres. Sehingga dengan adanya latihan bersama, tampil bersama, apabila ada digesekan sesama aparat keamanan akan cepat teratasi dengan main gamelan bersama.

Disamping itu juga sebagai ajang menghilangkan kejenuhan dari rutinitas kerja yang begitu menyita pikiran dan tenaga.

Selain dimeriahkan dengan karawitan juga dimeriahkan dengan musik Tek – Tek. Kesenian Tek – tek ini merupakan kolaborasi Kodim, Polres dan Rutan Wonosobo.

Kolaborasi ini mempunyai sisi positif yang lain, yaitu mengajak warga binaan Rutan untuk berkarya. Sehingga diharapkan jika suatu saat mereka sudah bebas mereka mempunyai ketrampilan sehingga bisa untuk menopang hidup.

Kapten Czi Sarwiyono selaku koordinator musik Tek – Tek menyampaikan bahwa musik tek – tek kali ini berbeda dengan musik tek – tek pada umumnya. Musik Tek – tek dipadukan dengan kentongan. Ini sebagai simbol bahwa para Babinsa dan Babinkamtibmas mengajak para warga untuk selalu giat mengadakan siskamling.

Kegiatan Siskamling jangan hanya pada saat desa sedang dalam keadaan rawan kejahatan saja. Akan tetapi diharapkan setiap saat terus dilakukan. Karena kejahatan biasanya menunggu kita lengah.

BACA JUGA:  JELANG NATAL DAN TAHUN BARU 2019, PLN UP3 MAGELANG GELAR APEL PASUKAN

Agar kegiatan siskamling atau ronda tidak membosankan maka dimaikanlah musik kentongan. Letkol Czi Fauzan Fadli, SE mengapreasi positif dengan tampilnya grup musik karawitan dan Tek – tek.

Kita main musik tidak usah yang terlalu berlebihan, cukup dengan kentongan saja sudah menjadi hiburan tersendiri. Apalagi yang memainkan gabungan aparat keamanan itu membuat nyaman masyarakat.

Main alat musik apapun akan membuat suasana tentram. Itu merupakan sebuah situasi yang menjadi dambaan setiap orang. Karena pada dasarnya setiap manusia ingin hidup ini nyaman, damai, jauh dari permasalahan. Salah satunya adalah dengan main musik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.