Perempuan Korban Tindak Kekerasan Terima Bantuan

WONOSOBOZONE – Salah satu upaya untuk membuat lebih berdaya, perempuan Korban Tindak Kekerasan (KTK) menerima bantuan sosial dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah. Bantuan diserahkan langsung kepada 40 perempuan korban tindak kekerasan, Rabu, 21 Oktober di Kantor UPIPA GOW Kabupaten Wonosobo. 
Menurut Ketua UPIPA GOW Kabupaten Wonosobo, Nuraini Ariswari, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian Pemerintah beserta stakeholder terkait, pada keadaan para perempuan yang pernah menjadi korban kekerasan, seperti KDRT maupun kekerasan fisik dan psikis lainnya. Diharapkan bantuan yang diberikan bisa membuat mereka lebih berdaya dan bisa lepas dari keterpurukan. Sasaran bantuan sendiri adalah mereka para korban yang sebelumnya sudah punya usaha ekonomi produktif dan masih memerlukan bantuan dari sisi finansial maupun barang sehingga usaha mereka jauh lebih maju. 
Anggota Komnas Perempuan yang ikut hadir, Saur Tumiur Situmorang, mengungkapkan para perempuan mantan korban kekerasan atau yang dikenal saat ini sebagai penyintas kekerasan, harus bisa memahami, bantuan yang diberikan merupakan bentuk tanggung jawab negara. Untuk itu mereka diminta jangan melihat besarnya bantuan yang diberikan tapi lebih pada perhatian yang diberikan kepada mereka. Menurutnya, setidaknya ada 4 hak perempuan korban kekerasan yang harus dipenuhi dan jadi tanggung jawab Pemerintah, yakni hak kebenaran, keadilan, pemulihan dan jaminan ketidakberulangan. 
Sellyvia Sitha Dewi dari Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan, bantuan yang diberikan tidak berupa uang tapi berupa barang, sesuai dengan kebutuhan dari si penerima. Harapannya dengan bantuan barang bisa lebih tepat sasaran dan tidak lekas habis untuk kegiatan konsumtif. Total bantuan yang diberikan sendiri senilai 48 juta rupiah. Ia mencontohkan beberapa barang yang diberikan seperti tabung gas, wajan, panci, dandang, open roti, mangkok bakso dan piring makan kepada mereka yang berwirausaha sebagai penjual makanan, serta mesin obras dan mesin itik bagi mereka yang berwirausaha menjadi penjahit. Ia berharap bantuan yang diberikan segera dimanfaatkan, sehingga bisa berguna bagi si penerima. 
Seperti yang disampaikan Sumini, asal Prajuritan Atas RT.01 RW.09, yang mendapat bantuan 5 dusin piring makan, sebuah wajan 40 cm, 2 buah panci 40 cm dan sebuah tabung gas, yang akan digunakan untuk mengembangkan usaha rumah makan yang telah dikelolanya beberapa bulan terakhir. Ia merasa bersyukur selama ini mendapat perhatian dari Pemerintah maupun pihak terkait, sehingga ia dan para korban lainnya tidak perlu berlama-lama hidup dalam keterpurukan. 
source : wonosobokab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here