Perbanyak Akses Air Bersih, Kementerian ESDM Bangun 2.290 Sumur Bor di Seluruh Indonesia

MAGELANG – Kementerian ESDM sampai dengan akhir tahun 2018 telah membangun sebanyak 2.290 titik sumur bor tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan di Jawa Tengah telah terbangun 367 unit sumur bor di 31 kabupaten/kota. Khusus di Kabupaten Magelang sendiri telah terbangun 28 unit sumur bor yang tersebar di 25 desa/kelurahan.

Kepala Biro Hukum Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Hufron Asrofi mengatakan, pemerintah terus berupaya memberikan akses energi secara merata bagi masyarakat yang kesulitan air bersih. Hal itu diwujudkan dengan menggalakkan pembangunan sumur bor air bersih di seluruh wilayah di Indonesia.

“Tak dimungkiri masih banyak daerah yang kekurangan air bersih karena kekurangan dana. Sebab itu, pemerintah hadir melalui Badan Geologi Kementerian ESDM membangun sumur bor bagi masyarakat,” katanya saat meresmikan sumur bor air bersih di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (12/3/2019).

Ia mengatakan hingga tahun 2018, Badan Geologi, Kementerian ESDM telah berhasil membangun 2.290 titik sumur bor tersebar di 33 provinsi dan 312 kabupaten. Dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta meter kubik per tahun yang dapat melayani sebanyak kurang lebih 6,6 juta jiwa.

“Sedangkan pada 2019 ditargetkan akan terbangun 650 unit sumur bor air bersih dengan memberikan manfaat air bersih kepada 1,8 juta jiwa,” tuturnya.

Untuk Jateng sendiri, sepanjang 2015 sampai 2018 Kementerian ESDM telah membangun 43 titik sumur bor. Titik-titik sumur bor tersebut tersebar antara lain di Kabupaten Magelang, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Batang, Kabupaten Blora, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Jepara, Kabupaten Karang Anyar, Kabupaten Kebumen, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Klaten.

BACA JUGA:  Bantuan Kursi Roda dan Ambulans Gratis untuk Muntoha

Khusus untuk Kabupaten Magelang sepanjang 2015 hingga 2018 telah berhasil dibangun 28 titik sumur bor yang tersebar di 25 desa/kelurahan dan 11 kecamatan dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 76.200 m3 per tahun dan mampu memberikan manfaat melayani 49.300 jiwa.

“Pembangunan ini aspirasi dari daerah bahwa di sini membutuhkan air bersih terutama pada saat-saat musim kemarau. Kemudian aspirasi ini sampai ke Kementerian ESDM, juga didukung oleh teman-teman mitra Komisi VII DPR RI serta dukungan itu di antaranya disetujui anggaran untuk pembangunan sumur bor ini,” kata Hufron.

Hufron juga berpesan supaya masyarakat bersama-sama menjaga fasilitas sumur bor. Pasalnya program pembangunan sumur bor menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Kami harap agar sumur tersebut dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Eko Susanto/detik.com
https://m.detik.com/news/berita-jawa-tengah/d-4464240/kementerian-esdm-bangun-2290-sumur-bor-di-seluruh-indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.