PERAN BABINSA DALAM LOMBA PBB SD/MI

WONOSOBOZONE – Untuk menciptakan generasi muda yang berjiwa patriotis dapat ditempuh dengan berbagai macam cara, salah satunya lombaPBB SD/MI se Kecamatan Selomerto, Selasa(28/2).  Kegiatan  berlangsung di Halaman Pendopo Kecamatan Selomerto yang diikuti oleh 33 kontingen, terdiri dari 31 SD dan 2 MI.
Tujuan diadakannya lomba PBB untuk mempersiapkan kandidat tingkat SD/MI untuk kejuaraan lomba SD/MI tingkat Kabupaten. Yang dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan menunggu lomba dari masing –masing kecamatan selesai. Disamping itu untuk membentuk watak dan jiwa seseorang tanggap terhadap permasalahan yang ada di wilayah, membentuk kepribadian yang disiplin didalam kehidupan sehari – hari. Mempunyai solidaritas yang tinggi, cinta tanah air dan mengedepankan kepentingan Nasional diatas kepentingan pribadi dan golongan.
Kapten Arm Priyadi Danramil-10/Selomerto dilaksanakannya lomba PBBantar SD/MI ini bertujuan untuk melatih kerjasama, kekompakan serta menanamkan pola pikir inisiatif dan positif kepada para siswa. Selain itu, lomba PBB juga dapat membentuk karakter serta perilaku yang tertib dan sopan santun, sehingga nantinya dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari mulai sejak usia dini. “Kegiatan seperti ini harus sering dilatihkan, karena peraturan baris berbaris ini membentuk jiwa disiplinkepada para siswa, apabila dalam peraturan baris berbaris saja mereka tidak disiplin,maka mustahil kelak akan memperoleh kesuksesan. Karena sukses akan tercapai apabila kita disiplin”, ujarnya.
Kodir S.Pd, M.Mpd menambahkan, “Saya merasa senang dan banggadiadakannya lomba PBB SD/MI seperti ini, apalagi kegiatan ini dilaksanakan secara rutin. Saya lebih berkeinginan kegiatan ini agar di agendakan berbarengan dengan kegiatan bulan Agustus, sehingga dari pihak sekolah bisa mempersiapkan diri dan bisa di masukkan ke RAPBS agar pelaksanaan bisa lebih optimal ”. Penghargaan kepada para siswa yang tergabung dalam lomba juga perlu mendapat perhatian , agar dalam lomba lebih semangat jika memang sudah ada agenda tahunan yang jelas,ungkapnya.
Wahyu Dwi Fitri guru SD Karangtengah-3 memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya lomba PBB tingkat SD/MI. Di akuinya selama ini tidak di ketahui apa itu PBB yang sebenarnya. Namun dengan kehadiran TNI dalam hal ini Babinsa, tidak tahunya TNI juga mempunyai desa binaan masing-masing. Segala permasalahan yang ada didesa binaan Babinsa harus berperan serta, tidak ubahnya lomba PBB yang kali ini dilaksanakan. Semua juga atas binaan dari Babinsa, sehingga kita selaku orang sipil akan sedikit mengetahui apa itu PBB dan kegunaannya, aku Fitri.
Lomba PBB yang diikuti oleh 33 kontingen keluar sebagai juara 1 nomor undi 15 dengan total nilai 2.742 dari SDN Wilayu dengan babinsa pelatih Serda Andi Mahendra, disusul juara 2  SDN Selomerto dengan total nilai 2.711 nomor undi 13 binaan Serka Mugiyono, sebagai juara 3 binaan Serda Yudi nomor undi 02 dengan total 2.705 dari SDN 1 Kalierang. Para juara mendapat Tropy dan Piagam penghargaan dari panitia lomba. Penyerahan tropy kepada juara I oleh Kapten Arm Priyadi, juara II diberikan oleh Kodir S.Pd,M.Mpd, juara III oleh Daryanto S,Pd. para juara inilah yang akan tampil di ajang yang bergengsi tingkat Kabupaten dalam waktu dekat.                                                                                                        Pendim 0707/Wsb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here