Penyusunan Renstra dan Renja SKPD Ditenggat Maret

WONOSOBOZONE – Bupati Wonosobo, Eko Purnomo menargetkan kepada seluruh SKPD di jajaran Pemkab, untuk bisa menyelesaikan penyusunan rencana strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja), paling lambat pada minggu keempat Bulan Maret mendatang. Demi mencapai target tersebut, Bupati meminta agar para pimpinan OPD tak sekedar menyerahkan urusan itu kepada bawahannya, melainkan terjun langsung dan memberikan pendampingan secara intensif. “Penyusunan renstra maupun renja saya minta agar dikawal ketat, jangan hanya diserahkan kepada staf, agar sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021,” tegas Bupati dalam acara Rakor RPJMD di aula Bappeda, Kamis (19/1).
Mengingat pentingnya peran renstra dan renja SKPD pula, Bupati bahkan sempat mempertanyakan perihal ketidakhadiran sejumlah pimpinan OPD, dalam rakor yang juga dihadiri Wakil Bupati Agus Subagiyo itu. Ia berharap agar ketidakhadiran pimpinan OPD tersebut ditindaklanjuti dengan rapat khusus dengan Kepala Bappeda, agar penyusunan renstra benar-benar dipahami sepenuhnya. “Ini banyak OPD baru hasil SOTK 31 Desember lalu, sehingga saya merasa perlu mengingatkan agar semua pimpinan memahami sepenuhnya arah pembangunan daerah, termasuk melalui Rakor RPJMD,” tegasnya. Perwakilan OPD yang hadir, menurut Eko harus segera melaporkan hasil Rakor kepada pimpinan mereka, sehingga proses penyusunan Renstra dan Renja sesuai target yang ditetapkan.
Penyusunan Renstra dan Renja, ditegaskan Bupati juga tidak boleh asal-asalan, dan harus disertai data pendukung yang valid. “Kaidah penyusunan renstra, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 25 Tahun 2004 dan UU Nomor 23 Tahun 2014 berikut peraturan pelaksanaannya saya minta untuk dipatuhi,” pintanya. Arahan tersebut melengkapi 3 perintah lain Bupati, yaitu agar setiap OPD menjadikan RPJMD 2016-2021 sebagai kitab penyelenggaraan pemerintahan,  sehingga terjabarkan secara konkret dalam renstra RKPD dan renja SKPD, Menaati waktu penyusunan sesuai target, dan agar setiap pimpinan OPD mendampingi dan membimbing jajarannya masing-masing dalam proses penyusunan renstra maupun renja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here