Penyuluhan Hukum Bagi Aanggota Kodim

WONOSOBO ZONE – Manusia adalah mahluk sosial yang mempunyai sifat lupa dan khilaf.  Apalagi kehidupan saat ini godaan sangat banyak sekali diluar.  Ditambah lagi kesejahteraan pegawai tiap tahunnnya meningkat sehingga membuka peluang para anggota untuk bisa melanggar.  Oleh sebab itu dalam rangka meminimal angka pelanggaran anggota Kodim 0707/Wonosobo menyelenggarakan penyuluhan dan pembinaan sehingga bagi anggota yang saat ini apabila ada yang mau melakukan pelanggaran diharapkan agar segera insyaf dan yang mau mencoba tidak jadi melakukan .

Pada kegiatan penyuluh kali ini mengundang dua narasumber yaitu Pakumrem 072/Pmk Yogyakarta Mayor Chk.Sjaiful K, SH. Materi yang disampaikan adalah tentang kejahatan terhadap kesusilaan karena disinyalir tiap tahun ada anggota yang melanggar untuk wilayah Korem 072/Pamungkas.  Hukum yang diterapkan sudah begitu berat sampai dengan pemecatan.   Materi kedua adalah kejahatan terhadap harta benda yaitu yang berkaitan dengan Membeli, menyewa, menukar, menerima hadiah, menyimpan/ menyembunyikan suatu benda yg di ketahui/ sepatutnya diduga bahwa diperoleh dari kejahatan, pidana penjara paling lama 4 tahun. Memakai nama palsu, tipu muslihat, rangkaian kebobohongan dengan maksud menguntungkan diri sendiri/orang lain scr melawan hukum, pidana penjara paling lama 4 tahun. Mayor syaiful juga mengingatkan kepada para anggota agar tidak mudah oleh bujuk rayu orang untuk membekingi,  karena kita tidak boleh, untung yang didapat  tidak seberapa akan tetapi jabatan menjadi taruhan dan resiko sangat besar bisa sampai pada pemecatan. Yang tidak kalah penting adalah apabila ada yang melakukan pelanggaran supaya koordinasi dengan petugas hukum, jangan bertindak dengan gegabah apalagi melakukan tindakan konyol sampai dengan melarikan diri/disersi.  Kasihan anak istri dan keluarga besar kita.  Pengabdian kita sudah lama jangan dinodai oleh hal – hal yang tidak pantas dilakukan oleh seorang prajurit.  Ingat akan sumpah prajurit dan sapta marga.

Pemateri ke dua adalah dari Kasat narkoba Polres Wonosobo AKP.Bambang Budiono tentang sosialisasi penyuluhan pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika serta tata pelaksanaa Rehab bagi pecandu narkoba. Pesan beliu adalah dari padi kita kena rehabilitasi lebih baik jangan mendekati narkoba apalagi kita sampai memakainya.  Karena secara agama tidak diperbolehkan dan menurut ilmu kesehatan akan merusak tubuh kita.  Narkotika tidak ada manfaatnya bahkan banyak mudorotnya.
Ahmad Ridho, S.Kom   

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here