Penyuluhan Bela Negara Dalam TMMD

WONOSOBOZONE - Membangun sebuah negara tidak hanya fisik saja akan tetapi kegiatan non fisik tidak kalah penting.  Itu yang dilakukan pada saat program TMMD Sengkuyung Tahap I 2016 di Sendangsari Garung.  Program TMMD non fisik kali ini melaksanakan penyuluhan tentang pentingnya pengetahuan bela negara kepada masyarakat bertempat di Balai Desa Tlogo Kecamatan Garung oleh Kapten Inf Tukul (11/5)
Materi yang disampaikan Kapten Tukul berkisar permasalah yang sedang dialami bangsa Indonesia saat ini. Saat ini Indonesia diserang dari beberapa lini meliputui bidang Idiologi politik ekonomi sosial budaya bahkan bidang pertahanan keamanan pun tidak luput dari rongrongan negara luar.
Indonesia salah satu Negara yang menjadi incaran Negara lain.  Hal ini disebabkan karena kesuburan tanah, pertambangan, iklim dan yang lainnya. Orang asing sangat menginginkannya, dengan perang tidak mungkin. Cara yang sangat dengan merusak moral para generasi muda, dengan kemajuan tekhnologi yang bisa mereka sajikan. Sebagai masyarakat diharapkan bisa menjadi  penangkal minimal dilingkungan masing-masing.
Kita semua harus saling bersinergi menghadapi hambatan, tantangan, ancaman, dan gangguan dari manapun datangnya.  Ancaman saat ini sangat beragam bentuknya, tidak kelihatan pelakunya, dampaknya begitu besar dan yang paling mencolok adalah kita sebagai korban tidak merasa sedang dijajah atau menjadi target sasaran.  Serangan mereka mulai dari ekonomi,  hampir semua kebutuhan bangsa indonesia mengimpor dari luar negeri termasuk beras yang menjadi makanan pokok kita masih impor, padahal kita merupakan negara agraris yang memiliki tanah begitu subur, iklim yang mendukung akan tetepi kenyataannya kita masih impor. Hal ini kalau dibiarkan maka bisa membahayakan kelangsungan negara Indonesia.  Itu baru beras belum yang lainnya.
Oleh sebab itu kita harus secara bersama – sama membentengi diri dari pengaruh asing mulai dari keluarga, lingkungan kita sampai dengan negara untuk bersatu padu melawan segala bentuk perang modern.
Disamping pemberian materi Bela Negara pada kesempatan kali ini juga disampaikan materi bahaya narkoba oleh Polres Wonosobo yang disampaikan Kaur Bid Ops Narkoba Wahyu Wibowo.  Pemberian materi itu dipandang perlu disampaikan kepada semua unsur masyarakat khususnya para orang tua agar mengetahui tentang seluk beluk bahaya narkoba, jenis – jenis narkoba, ciri-ciri orang yang menggunakannya dan efek yang ditimbulkan dari narkoba tersebut.  Diharapkan para orang tua dan tokoh masyarakat jika melihat hal tersebut dapat mengatasi khususnya dilingkungan rumah tangganya sendiri dan pada akhirnya merembet kelingkungan.
Reporter: Pendim 0707/wsb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here