Pengurus Baru HMI Wonosobo Dorong Pemkab Wujudkan Keadilan Secara Merata

WONOSOBOZONE – Pengurus baru himpunan mahasiswa Islam (HMI) cabang Wonosobo, Senin (19/9) dilantik. Momentum pergantian kepengurusan tersebut, menurut Ketua baru HMI Wonosobo, Ari Wibowo semakin meneguhkan tekad para pengurus untuk secara konsisten mengupayakan terwujudnya keadilan sosial secara merata bagi seluruh rakyat, sebagaimana telah tertuang pada sila kelima Pancasila. Keinginan tersebut, menurut Ari bahkan akhirnya menginspirasi tema besar acara pelantikan, yaitu Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia, bongkar kebiasaan lama menuju Wonosobo yang Adil. “Maksud dari frasa bongkar kebiasaan lama menuju Wonosobo yang adil adalah kita para pengurus baru akan berupaya, setidaknya selama setahun ke depan untuk mengawal program-program pemerintah di jajaran eksekutif maupun legislatif, agar lebih terarah pada kebijakan yang berpihak pada rakyat,” jelas Ari.
Sebanyak 13 pengurus baru yang dilantik di Pendopo Kabupaten tersebut, dikatakan Ari juga memiliki komitmen untuk mengedepankan upaya merubah budaya lama yang tak lagi relevan lagi diterapkan pada masa sekarang. “Bongkar kebiasaan lama yang kami angkat pada tema, dimaksudkan untuk menyadarkan semua pihak, utamanya di kalangan pemerintah daerah agar sekarang lebih melayani masyarakat,” lanjut Ari. Budaya di kalangan birokrasi jaman dulu yang cenderung kurang memperhatikan kepentingan masyarakat, ditegaskan Ari harus secepatnya dirubah, sehingga warga masyarakat lebih mudah mendapatkan hak-hak mereka.
Keinginan para pengurus cabang HMI Wonosobo tersebut mendapat tanggapan positif dari Asisten Ekonomi Setda, Amin Suradi. Menurut Amin, yang dalam kesempatan tersebut juga berperan sebagai narasumber seminar singkat, keinginan para mahasiswa tersebut selaras dengan apa yang menjadi upaya pemerintah untuk mereformasi birokrasi. “Para mahasiswa, khususnya yang berada di organisasi HMI memang seharusnya turut berperan serta aktif dalam pembangunan, termasuk dengan secara berkelanjutan, ikut mengawasi program dan kebijakan agar tetap mengarah pada pemenuhan kebutuhan masyarakat. Dengan adanya sinergi antara Pemkab dengan Mahasiswa, Amin mengaku optimis cita-cita untuk mewujudkan Wonosobo yang lebih adil bisa tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here