Pengobatan Gratis Klinik Baru PMI

WONOSOBOZONE – Dalam rangka hari ulang tahun ke 71, PMI Wonosobo selenggarakan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada warga masyarakat sekitar, bertempat di Klinik baru mereka, Klinik Pratama PMI, yang berlokasi di komplek markas PMI, Sabtu (17/09) pagi.
Pemeriksaan gratis ini diberikan kepada 100 orang pasien umum, non BPJS, yakni warga masyarakat sekitar, yang telah mendapatkan kupon pemeriksaan dan pengobatan gratis, yang telah diberikan sebelumnya melalui Ketua RT masing-masing, dari wilayah Kelurahan Mudal,  Andongsili, Kampung Munggang, Bumen, dan Krasak.
Menurut Ketua PMI Wonosobo, Muchson, pemberian kupon ini sengaja dibatasi seratus  kupon saja, dikarenakan faktor keterbatasan kemampuan tenaga kesehatan yang melayaninya. Dan untuk kali ini menyasar kepada keluarga kurang mampu non BPJS, karena klinik ini kebetulan juga belum bekerjasama dengan BPJS.
Muchson menambahkan, karena PMI sebagai lembaga pelayanan sosial, utamanya pelayanan kesehatann kesehatan, sehingga hal ini perlu dilakukan, selain kegiatan ini juga dalam rangka sosialisasi dan ajang promosi Klinik Pratama PMI, yang baru mulai di launching tanggal 3 Agustus tahun ini. 
Penanggung jawab  klinik, dr Kumoro Widiyati menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan gula darah, asam urat kolesterol, cek HB, dan masalah kesehatan umum lainnya. Pemeriksaan berkaitan dengan kehamilan, mereka juga siap melayannya. Dia menambahkan pasien atau peserta yang datang ini rata-rata berusia diatas 50 Tahun.
Pemeriksaan gratis tanpa bayar ini, disambut antusias dan ucapan terimakasih oleh warga setempat, seperti yang ditunjukkan mbah Senin Muhasir (70) warga Kelurahan Mudal, salah satu warga yang mendapatkan kupon. Meski harus datang dengan berjalan kaki di tengah hujan deras, tidak mengurangi niatnya, untuk datang untuk memeriksakan kesehatanya. “Kulo remen sanget diparingi kupon lan di aturi pirso pak RT, wonten pengobatan sing mboten bayar”, demikian ujar nya.
Selain itu, dalam rangka HUT PMI ke 71 ini dilakukan juga kegiatan donor darah, dengan target 30 kantong, sehingga peserta jalan sehat dan senam, yang ikut digelar dalam HUT PMI kali ini, bisa langsung mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan, bergabung dengan pendonor yang telah mendaftar sebelumnya.
Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo yang ikut hadir dalam kesempatan ini, mengikuti seluruh rangkaian kegiatan HUT PMI tersebut. Mulai dari senam, jalan sehat walaupun tidak jadi karena hujan, dan pemantauan pemeriksaan gratis dan donor darah, hingga resepsi HUT. Wabup menyampaikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan ini sembari menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada PMI, dan diharapkan PMI semakin solid dan selalu sukses sehingga bisa ikut membantu Wonosobo semakin maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here