Pendirian Koramil Sukoharjo

WONOSOBOZONE – Rencana pendirian Komando Rayon Militer (Koramil) Sukoharjo terus dimatangkan. Demi mempercepat proses, Komandan Kodim 0707/Wonosobo, Letkol CZI Dwi Haryanto mengaku pihaknya telah memasuki tahap finalisasi berkas dan persyaratan yang dibutuhkan. Ditemui seusai meninjau Posmil Sukoharjo, Selasa (23/8), Dandim menjelaskan bahwa upaya meningkatkan status Posmil menjadi Koramil, tak lepas dari kurang optimalnya kinerja kewilayahan. “Status Posmil ini kurang efektif, karena di Sukoharjo ada 17 desa, sementara anggota yang bertugas di Posmil sangat terbatas, yaitu 11 personel,” jelas Dandim. Apabila kelak sudah berstatus sebagai Koramil, maka personel juga akan bisa ditambah hingga mencapai jumlah ideal, yang menurut Dandim paling tidak 20 orang.

Faktor lain yang tak kalah penting sehingga Koramil Sukoharjo harus segera berdiri, disebutkan Dandim adalah terkait keseimbangan dengan jajaran Muspika. “Karena di Sukoharjo juga sudah ada Polsek, sehingga ketika pertemuan dengan jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan, yang hadir sudah Kapolsek, karena itu kami juga selayaknya menghadirkan Danramil,” lanjut Letkol Dwi. Selama ini, menurut Dandim, Posmil Sukoharjo juga kurang optimal dalam hal kinerja, karena banyak kebutuhan organisasi yang tidak dapat dipenuhi. “Salah satu nya adalah terkait anggaran yang turun untuk Posmil sangat kurang karena memang dasar hukumnya nya belum kuat, sehingga sering sekali anggota harus memenuhi keperluan Posmil dari Kantong pribadi,” tandasnya. Mengingat berbagai hal itulah, Dandim berharap Koramil Sukoharjo akan terbentuk utuh, selambatnya pada Tahun 2017 mendatang.

Kurang optimalnya pemenuhan kebutuhan dasar Posmil dibenarkan oleh Serma Mulyono, anggota Posmil yang selama beberapa tahun terakhir berjibaku menangani berbagai permasalahan kewilayahan di Sukoharjo. “Memang banyak kebutuhan Posmil yang akhirnya kami upayakan dengan menggunakan dana iuran anggota karena kalau mengandalkan anggaran dari Kodim jelas tidak cukup,” ungkap pria ramah yang akrab dengan sapaan Mbah Mul itu. Pihaknya mengaku sangat mendukung upaya Dandim untuk mempercepat berdirinya Koramil Sukoharjo, sehingga kinerja kewilayahan juga semakin optimal.

Source wonosobokab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here