• Rabu, 28 September 2022

Ospek Mahasiswa Baru Untirta Viral, Rektor Angkat Bicara

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:25 WIB
Kampus UNTIRTA. /instagram.com/@untirta_official
Kampus UNTIRTA. /instagram.com/@untirta_official

Wonosobo Zone — Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) menjadi trending topic di Twitter beberapa waktu lalu.

Perguruan tinggi yang berlokasi di Kabupaten Serang, Banten ini banyak disorot media dan netizen usai viralnya cuitan negatif mengenai kegiatan technical meeting yang diadakan kampus itu.

Dalam kegiatan yang menjadi bagian dari rangkaian pra ospek, mahasiswa baru dikabarkan dijemur berjam-jam di halaman lapangan hingga mereka mengalami dehidrasi.

Baca Juga: 1400 Mahasiswa Baru Ikuti Ospek UNSIQ 2017

Menanggapi hal itu, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Untirta melalui akun Instagramnya @bemkbmuntirta meminta maaf dan juga memberikan klarifikasi pada Rabu, 10 Agustus 2022 lalu.

Mengenai tuduhan tentang sengaja menjemur para mahasiswa baru di bawah panasnya terik matahari, BEM Untirta menepis hal tersebut.

"Estimasi waktu yang direncanakan untuk pengambilan gambar video mozaik yakni dua jam, tetapi proses pengambilan gambar tidak sesuai dengan estimasi," ungkapnya dalam caption instagram.

Baca Juga: 228 Mahasiswa KKN Diterjunkan ke Desa-Desa, Bantu Entaskan Kemiskinan dan Stunting

BEM Untirta juga menjelaskan adanya tahapan dan juga prosedur yang harus dipenuhi oleh para panitia ospek.

"Terkait beredarnya informasi mengenai kekerasan fisik dan verbal dari Gerakan Disiplin Kampus (GDK) kepada mahasiswa baru, sebelum pelaksanaan Technical Meeting, BEM KBM Untirta pun telah menyusun Standard Operating Procedure (SOP) dan Training of Trainer (ToT) bagi mahasiswa senior yang akan terlibat dalam kepanitiaan dengan harapan tidak terjadi kontak fisik dan juga kekerasan verbal kepada mahasiswa baru," tandasnya.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: ruangmahasiswa.com, Pikiran rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X