Pendidikan Kependudukan solusi menekan angka pernikahan dini

WONOSOBOZONE – Upaya Dinas Pengendalian Penduduk Kelurga Berencana Pemberdayaan Perempun dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Wonosobo dalam menekan angka pernikahan dini kian digencarkan. Pada (25/7) lalu, instansi tersebut memberikan sosialisasi kepada Kepala Sekolah dan guru IPS se-Kabupaten Wonosobo setingkat SLTP sederajat tentang pendidikan Kependudukan. Bahkan Dinas PPKBPPPA mengharapkan materi kependudukan dapat masuk dalam kurikulum sekolah tingkat SLTP.

“Semoga dengan masuknya materi kependudukan dalam kurikulum sekolah menjadikan angka pernikahan dini semakin berkurang,” terang Kepala Seksi Pengendalian dan Analisa Dampak Kependudukan Dinas PPKBPPPA Wonosobo, Maryono.

Kedepan, Maryono meyakini awal tahun 2018, materi Kependudukan sudah menjadi bagian dari kurikulum di tingkat SLTP.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pengembangan Kurikulum dan Pengendalian Mutu Dinas Pendidikan dan Olah Raga (Dikpora) , Musofa yang turut hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi menjelaskan pihaknya telah menyepakati dan mendukung adanya pendidikan kependudukan untuk dimasukkan dalam kurikulum sekolah.

“Teknisnya, kita akan memasukan materi kependudukan ini pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dibuat oleh guru. Tidak hanya guru IPS saja, bahkan untuk beberapa guru mata pelajaran yang bersinggungan langsung terhadap materi kehidupan bermasyarakat,” tandas Mushofa.

Salah satu peserta menyebut pihaknya telah menerapkan materi kependudukan sejak awal Ia mengajar. Namun tidak secara penuh, melainkan hanya secara tersirat.

“Pada prinsipnya di mata pelajaran IPS sudah ada pendidikan tentang kependudukan. Namun belum secara menyeluruh dan dengan waktu yang terbatas. Semoga dengan adanya komitmen dan koordinasi dari instansi terkait ini, dapat mencapai tujuan yang diharapkan,” pungkas salah satu guru IPS.

BACA JUGA:  Nihil Pernikahan Dini, Kelurahan Wonoroto Percaya Diri Jadi Terbaik PAAR Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.