Pendidikan Karakter Dimulai dari Keluarga

WONOSOBOZONE – Pendidikan Karakter bagi masyarakat bisa dimulai dari kelompok terkecil masyarakat yakni keluarga, hal ini dikemukakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Wonosobo, Ny.Fairuz Eko Purnomo, saat memberikan sosialisasi di hadapan kader-kader PKK Kecamatan di aula Kecamatan Wonosobo, Rabu, 14 September.
Menurutnya, peran keluarga sangat krusial sebagai inti dari proses pembentukan karakter anak selain di sekolah sebagai rumah kedua anak. Untuk itu penguatan keluarga dalam pembentukan karakter anak menjadi hal yang sangat penting dan membutuhkan komitmen bersama yang kuat antara pemerintah, mitra dan masyarakat itu sendiri. Terkait hal ini, PKK sebagai mitra pemerintah dan masyarakat telah berkomitmen untuk mengoptimalkan peran keluarga, utamnaya dalam pembentukan karakter anak yang baik. Dan melalui sosialisasi seperti ini diharapkan para kader PKK di tingkat desa sampai dasawisma dapat menjadi agen perubahan dalam perwujudan ketahanan keluarga mulai dari pembentukan karakter anak yang tangguh dan berdaya saing.
Di sisi lain pendidikan karakter dimulai dari keluarga merupakan salah satu pengejawantahan amanah rakyat, yang mana dalam hal ini Pemerintah sangat peduli dengan hal ini, sehingga pada peringatan Hari Keluarga tahun 2016 yang lalu, Presiden RI dan Gubernur Jawa Tengah, menyampaikan himbauan mengenai pengembalian fungsi keluarga dan pemenuhan hak anak. Disebutkan disana tentang empat konsep besar keluarga, yakni keluarga berkumpul, keluarga berinteraksi, keluarga berdaya dan keluarga berbagi.
Oleh karenanya, ia mengajak kepada seluruh kader, untuk memulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan di sekitar, untuk meningkatkan kepedulian, karena keluarga sebagai wahana pertama dan utama dalam penyemaian nilai luhur bangsa dan pengembangan SDM yang berkualitas, sehingga nantinya akan terbentuk keluarga Wonosobo yang kecil, bahagia dan sejahtera, serta keluarga tangguh dan mandiri.
Sedangkan Camat Wonosobo, Zulfa Akhsan Alim, menyampaikan bahwa pendidikan karakter anak dimulai dari keluarga untuk benar-benar bisa mewujudkan Generasi Emas Indonesia khususnya di Wonosobo. Termasuk di dalamnya pentingnya pendidikan, sebab di daerah lain, orang tua sangat berusaha keras agar anaknya bisa sekolah dan tiap individu anak pun malu kalau nggak sekolah, sehingga diharapkan kesadaran di Wonosobo untuk sekolah bisa semakin maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here