Pemuda Asal Kalikajar Rintis Program “Sinau Bareng”

WONOSOBOZONE.COM – Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang Pendidikan, seorang Pemuda bernama Makruf (25) dari desa Lamuk, Kecamatan Kalikajar, membuat kegiatan bernama “Sinau Bareng”. Kegiatan Sinau Bareng ini dilaksanakan setiap hari Jum’at dan hari Minggu.

Kegiatan yang telah dimulai sejak Minggu (9/2) kemarin itu, diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari siswa SD,SMP, Pemuda, Ibu-ibu PKK dan Lansia yang berda di dusun semanding desa setempat.

Makruf menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya dibidaang ilmu pendidikan. Ia menyebut, Ilmu bisa didapatkan tidak hanya saat kita mengenyam bangku sekolahan maupun pada instansi-instansi pendidikan.

Bukan hanya orang yang mempunyai lebih harta saja yang bisa mencari ilmu,karna kita bisa mendapatkan ilmu dengan saling bertukar pikiran maupun berbagi pengalaman bersama teman,” tuturnya.

Beberapa problem yang sering dihadapi anak usia sekolah dalam metode belajar, Makruf mengungkapkan, pihaknya memberikan wadah untuk belajar dan saling bertukar pikiran kepada teman-teman usia pelajar. Supaya dalam belajar bisa lebih bervariasi dan tidak monoton. Belajar sendiri itu memang harus dan bagus,namun ilmu yang kita dapatkan dari belajar sendiri itu masih kurang dalam segi pengembangan materi.

Kiat belajar kami bukan seperti instansi pendidikan,seperti interaksi antara guru dan murid,namun kami lebih kepada interaksi antar teman.Dimana ada teman yang belum faham,kita mencari solusi bersama dengan berbagi pendapat agar hasil yang kita dapatkan bisa lebih memberi referensi kepahaman. Kami bukan mendidik dengan cara menggurui karena kami bukan guru, namun kami hanya membantu menumbuhkan sifat kritis, rasa percaya diri, bakat yang belum anak tersebut ketahui,serta potensi dari setiap anak. Karena belajar itu menyenangkan jika kita lakukan bersama-sama dengan belajar bersama,ilmu yang kita dapatkan akan lebih bermakna “ terang Makruf.

BACA JUGA:  Lagu Kenangan "Kisah-Kasih di Sekolah" Warnai Wisuda Siswa SMAN 1 Mojotengah

Makruf berharap ke depan semua dusun di desa Lamuk bisa bergabung dalam kegiatan Sinau Bareng tersebut. “Dengan kegiatan tersebut diharapkan pendidikan di desa lamuk meningkat tidak kalah dengan desa desa lain khususnya di Kecamatan Kalikajar,” pungkasnya. (why)

Kontributor : Feni Wihayati

Editor : Wahyu Tri/wonosobozone.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.