Pemkab Wonosobo Prioritaskan Infrastruktur Desa

WONOSOBOZONE – Rabu (13/5), bertempat di Gedung baru Balai Desa Mergosari,
Kecamatan  Sukoharjo, sebanyak 2018 paket kegiatan yang dikerjakan oleh 80 Organisasi
Perangkat Daerah (OPD) sepanjang Tahun 2014 telah diresmikan sekaligus pendeklarasikan Open Defection Free
(ODF), alias bebas buang air besar  sembarangan di desa Sempol  Sukoharjo,  Tempursari  Kalibawang,  Kaliguwo  Kaliwiro, 
Lumajang  Watumalang,  serta Manggis dan Pacarmulyo Kecamatan Leksono.
Sekda Wonosobo Eko Sutrisno Wibowo mengungkapkan bahwa sasaran pembangunan pada Tahun 2014, khususnya yang bersifat fisik akan lebih diarahkan pada kemanfaatan bagi masyarakat. Hal itu, dikatakan Eko mengacu pada upaya terwujudnya Universal Acces Tahun 2019, di mana pemenuhan air bersih untuk masyarakat sudah harus tercapai 100 %, pemukiman kumuh 0 %, serta sanitasi sesuai standard sebesar 100 % di Kabupaten Wonosobo.
Selain itu, adanya penandatanganan kerjasama antara BPR-BKK dengan 4 Desa, yaitu Serang Kejajar, Ngadisalam Sapuran,  Lancar  Wadaslintang,  dan Ngadimulyo  Selomerto,  yang menjadi  awal  untuk  program pembiayaan akses air minum pedesaaan secara mandiri, menurut Eko juga layak diapresiasi dan didorong agar ke  depan  bisa  dilakukan  oleh  Desa-desa  lainnya.  “Program  mitra  prima  yang  difasilitasi  Water  Sanitation Programme dan Bank Dunia, kita dorong agar seluruh warga masyarakat bisa mengakses air bersih sampai kerumah mereka”, jelas Eko.
Drs Amin Suradi MSi. selaku asisten Ekonomi Pembangunan Sekda menerangkan bahwa untuk 2018 kegiatan selama Tahun 2014 menyerap anggaran hingga  mencapai  lebih  dari  509 Milyar  Rupiah.  Selain  peresmian proyek, dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyalurkan surplus dana UPK PNPM Mandiri perdesaan Kecamatan Sukoharjo sebesar 111,4 Juta Rupiah, dan kick off green city untuk kawasan pedesaan. “Surplus UPK Kecamatan Sukoharjo dibagikan dalam bentuk ternak untuk dirawat dan dipelihara kelompok tani ternak di Desa setempat”, jelas Amin menutup sambutannya.

sumber:wonosobo.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here