Pemkab Mulai Genjarkan Rapid Test Dipusat Keramaian

WONOSOBOZONE.COM – Upaya menuntaskan proses pelacakan terhadap potensi warga terpapar virus korona terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo, melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID 19. Setelah menggelar rapid diagnostic test (RDT) di sejumlah titik keramaian seperti pasar Induk Wonosobo, pasar modern Rita, Pasar Kertek, Pasar Garung dan pasar Hewan, tim Gugus Tugas bergerak ke Pasar Wadaslintang, Kamis (28/5/2020).

Sebanyak 50 alat RDT dialokasikan demi menjaring adanya potensi warga yang terpapar virus korona. Di pasar yang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota wonosobo tersebut.

Sasaran sebagian besar merupakan target yang acak seperti pedagang, pengunjung petugas parkir sampai buruh pikul,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas COVID 19 Kabupaten, dr Muhamad Riyatno ketika ditemui di sela kegiatan RDT.

Selain itu, sejumlah unsur yang mengikuti rapid tersebut, menurut Riyatno adalah warga dari sejumlah desa di Kecamatan Wadaslintang yang memang merasakan gejala mengarah pada COVID19, seperti demam, batuk maupun sesak nafas. Dengan upaya melacak potensi-potensi penularan tersebut, maka apabila ada yang menunjukkan hasil reaktif, pemerintah akan dapat melakukan tindak lanjut berupa penanganan secara lebih cepat, sehingga tidak sampai menimbulkan potensi resiko lebih besar bagi penderita.

Sejauh ini, dr Riyatno menyebut upaya pelacakan dengan metode random RDT sudah menghasilkan sejumlah warga reaktif, dan langsung dilakukan tindak lanjut dengan isolasi yang bersangkutan di rumah sakit, untuk kemudian dilakukan tes PCR atau swab.

Inisatif Gugus Tugas COVID19 Kabupaten Wonosobo untuk berikhtiar serius dengan melacak potensi penularan melalui random rapid test di sejumlah titik keramaian, mendapat apresiasi positif dari Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo.

Hadir langsung di pasar Wadaslintang, Agus mengaku terkesan dengan semangat tim di Gugus Tugas yang tak kenal menyerah menghadapi wabah COVID19 dan tetap mengedepankan upaya preventif demi melindungi warga masyarakat Wonosobo.

BACA JUGA:  Dinas Kominfo Temanggung Dan Wonosobo Tukar Pikiran Soal Tata Kelola LPPL

“Kesungguhan dan komitmen para petugas di Gugus COVID19 ini layak kita apresiasi dan tentu saya mendukung sepenuhnya langkah untuk secepatnya menuntaskan masa pandemi korona di kabupaten kita tercinta ini,” tandas Wabup.

Kepada warga masyarakat Wadaslintang khususnya dan Wonosobo pada umumnya, Agus juga menyampaikan pesan agar terus menjaga semangat, terus berdoa dengan sungguh-sungguh, serta menaati protokol kesehatan COVID 19 agar terhindar dari paparan virus korona.

Senada, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo, Agus Riyadi yang juga hadir langsung di lokasi RDT, menyebut upaya Pemkab melalui Gugus Tugas COVID19 sudah sangat bagus dan selayaknya ditindaklanjuti ke beberapa tempat lain.

Ini sudah bagus dan kami di legislatif jelas sangat mendukung upaya-upaya pemerintah untuk secepatnya memutus mata rantai penyebaran virus Corona di kabupaten Wonosobo, agar warga masyarakat juga bisa kembali beraktifitas seperti biasa dan perekonomian nya segera bangkit,” tegas Agus.

Menurutnya, selain upaya serius pemerintah daerah, pemutusan rantai penyebaran COVID 19 juga harus didukung penuh oleh warga masyarakat, sehingga prosesnya akan bisa lebih cepat. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.