PEMKAB MAGELANG SOSIALISASI JKN-KIS DAN PEMBAGIAN KARTU INDONESIA SEHAT BAGI PENDUDUK TERDAFTAR

MAGELANG – Pemkab Magelang mengadakan sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 dan penyerahan Kartu Indonesia Sehat bagi penduduk yang didaftarkan Pemerintah Kabupaten Magelang tahun 2019 di Pendopo drh Soepardi Sawitan Magelang, Kamis (24/1/2019).

Penyerahan secara simbolis Kartu Indonesia Sehat (KIS) oleh Pj Sekda Kabupaten Magelang Drs Adi Waryanto didampingi Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti MKes dan PPS Kepala Cabang BPJS Kesehatan Magelang Agustin Erna.

Adi Waryanto mengatakan, hingga saat ini mesih menjumpai adanya kesenjangan atau disparitas dalam akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang bermutu dan disparitas dalam derajat kesehatan antar kelompok masyarakat atau antar tingkat sosial ekonomi.

“Bangsa yang rakyatnya tidak sehat akan menjadi bangsa yang lemah, tidak pintar, tidak produktif dan tidak kompetitif,” katanya.

Pj Sekda Kabupaten Magelang, Drs Adi Waryanto mengungkapkan,  Pemda telah melakukan integrasi program Jamkesda Kabupaten Magelang ke program JKN-KIS sejak 1 Desember 2016 lalu. Di awal integrasi, jumlah penduduk yang didaftarkan berjumlah 8.963 jiwa, dan sampai saat ini per 1 Januari 2019 telah mencapai 67.000 jiwa.

Momentum di Pendopo drh Soepardi ini menjadi sangat strategis karena menjadi bukti nyata hadirnya pemerintah daerah dengan komitmen yang besar untuk menyediakan jaminan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkeadilan bagi sekluruh penduduk Kabupaten Magelang. Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) merupakan program strategi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Secara bertahap Pemerintah Kabupaten Magelang akan mengintegrasikan seluruh program Jamkesda ke Program JKN-KIS sesuai dengan kemampuan APBD. Seluruh kepala desa dan perangkat desa juga diminta dalam melakukan pendataan harus benar-benar dilakukan secara benar dan akurat, sehingga masyarakat miskin dan tidan mampu dapat tercover jaminan kesehatan melalui program JKN-KIS. 

BACA JUGA:  2 M Dana Santunan Pensiunan Aman Tersimpan

Artikel ini dikutip dari krjogja.com dengan judul “Pemkab Magelang Serahkan KIS Bagi Penduduk Terdaftar” Penulis Agus Sigit, link
https://krjogja.com/web/news/read/89669/Pemkab_Magelang_Serahkan_KIS_Bagi_penduduk_Terdaftar

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.