Pemkab Berikan Operasi Katarak Gratis

WONOSOBOZONE – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-190 Kabupaten Wonosobo Tahun 2015, dan Peringatan ke-70 HUT TNI. Pemerintah Kabupaten Wonosobo bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Yogyakarta, PT. Sido Muncul, Kodim 0707 Wonosobo serta RSUD Setjonegoro mengadakan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis.
Bertempat di RSUD Setjonegoro, Minggu, 13 September 2015. 
Pada kesempatan itu Direktur RSUD Setjonegoro, dr. M. Riyatno, M.Kes, menyampaikan bahwa Operasi Katarak Gratis ini diikuti oleh 59 orang hasil dari penjaringan di 15 Kecamatan se Kabupaten Wonosobo. Dari 59 orang tersebut terdapat 81 bola mata yang menderita katarak, jadi dari tiap orang ada yang menderita katarak hanya satu mata dan ada yang kedua matanya. Pada Operasi Katarak Gratis kali ini sebetulnya yang mendaftar untuk ikut operasi lebih dari 59 orang, tetapi dari hasil pemeriksaan awal ada yang belum saatnya untuk dilakukan operasi.

Riyatno juga menambahkan bawa pada Operasi Katarak kali ini Tim Dokter berjumlah 21 orang, 20 Dokter dari Satuan Pemberantasan Buta Katarak PERDAMI Yogyakarta dan 1 Dokter dari RSUD Setjonegoro. Tim Dokter akan melakukan operasi terhadap 60 mata katarak.
Jadi untuk sementara bagi yang menderita katarak kedua matanya akan dilakukan operasi satu mata dahulu. Dan dari hasil pemeriksaan awal beberapa hari lalu, dari 59 orang yang menderita Katarak terdapat 9 orang yang terindikasi mengalami gula darah tinggi, sehingga harus dilakukan terapi.
Bupati Wonosobo, Drs. Kholiq Arif, M.Si, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Operasi Katarak Grtais ini. Ini merupakan wujud keseriusan Pemerintah untuk terus melayani masyarakat. Semoga ini bisa menjadi agenda tahunan dari Pemerintah.
Kholiq juga menyampaikan bahwa secepatnya Pemerintah akan melakukan pendataan anak Difabel usia sekolah dan akan dibantu untuk tetap terus sekolah. Serta akan melakukan pendataan dan penjaringan terhadap anak dari keluarga yang sangat miskin atau tidak mampu, untuk difasilitasi sekolah.
source : wonosobokab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here